BIAK, REPORTASEPAPUA.COM – Peningkatan Kwalitas Sumber pangan lokal dengan memanfaatkan potensi yang ada, menjadi target capaian pelaksanaan Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi Seimbang, dan Aman (B2SA), yang resmi dibuka oleh Ketua TP PKK Kabupaten Biak Numfor Ruth Naomi Rumkabu Naap, S.Pd di Distrik Biak Barat, Sabtu 29 Juni 2019 lalu.

Ruth Naomi Naap Rumkabu berharap melalui Event tersebut, dapat merangsang kaum Ibu dan perempuan dalam mengoptimalkan sumber pangan lokal yang dimiliki, dan termotivasi untuk meningkatkan kwalitas sajian dan ragam rasa dari pola menu makanan yang sederhana sehingga tidak semata-mata menarik tapi juga sarat Gizi seimbang dan aman di konsumsi keluarga.

“Lomba ini menjadi langkah kita kaum perempuan melalui TP PKK guna merespon tujuan bersama dalam pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM), khususnya dalam mengolah pangan lokal yang ada untuk terpenuhinya B2SA, dengan begitu saya berharap seluruh peserta tidak semata-mata mengejar juara namun memahami kemampuan masing-masing dalam penyajian pangan lokal kita. saya berharap dan mengajak kita untuk mencintai pangan lokal kita dan harus memenuhi aspek beragam, bergizi Seimbang, dan Aman (B2SA), sehingga generasi kita semakin berkwalitas kedepannya” jelas Ruth Naomi Naap.

Dalam kesempatan yang sama Plt.Kepala Distrik Biak Barat, Frida Womsiwor berkomitmen menggiatkan peran-peran perempuan dan kaum ibu dalam mengikuti kegiatan-kegiatan yang ada guna mendukung program pemerintah salah satunya terkait pemanfaatan pangan Lokal. Sehingga dengan kompetisi yang dilakukan dan diharapkan kedepan akan berkesinambungan, mampu meningkatkan kwalitas kemampuan, wawasan yang berkembang dalam penyajian dan rasa.

Ruth Naap Rumkabu mengapresiasi Partisipasi peserta dalam lomba yang berlangsung, dan optimis melalui kompetisi tersebut akan mendorong peserta lebih memahami, dan mewaspadai terjadinya kemungkinan terjadinya kemungkinan dampak keracunan pangan ketika menggunakan zat pewarna dan bahan pengawet serta meminimalkan kebiasaan dalam mengkonsumsi pangan lokal pada ibu hamil atau balita yang perlu di perhatikan asupan makannya.

Diakhir kegiatan yang berlangsung sehari tersebut, dilakukan penyerahan Piagam dan hadiah pembinaan bagi para pemenang, diantaranya: Juara I – Kampung Sosmay, Juara II – Kampung Dousy, Juara III – Kampung Rasbarry, Harapan I – Kampung Asaryendi, Harapan II – Kampung Opuri, Harapan III – Kampung Barnasrares. (Jefri)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here