Kwarda Pramuka Papua Siap Laksanakan Dua Agenda Nasional

0
3
Ketua Gerakan Pramuka Papua, Christina L. Mano

Sentani, Reportasepapua.com – Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Papua siap melaksanakan dua agenda nasional yang direncakana akan dilaksanakan di Provinsi Papua dalam waktu dekat ini.

Hal ini dikatakan oleh Ketua Gerakan Pramuka Papua, Christina L. Mano saat ditemui reportasepapua.com di Kantor Bupati Jayapura, belum lama ini.

Kegiatan nasional yang pertama adalah Kegiatan Bela Negara. Christina menjelaskan, Kegiatan Bela Negara yang akan dilaksanakan itu akan diikuti oleh para penegak dan Kwarda Papua akan menjadi tuan rumah.

“Kagiatan ini akan diikuti oleh para penegak di seluruh Indonesia yang nantinya mereka akan datang kesini. Itu rencananya akan dilaksanakan pada bulan Oktober nanti di perbatasan RI-PNG, Wutung. Jadi nanti bukan hanya Kwarcab Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura saja yang jadi tuan rumah tetapi seluruh kwarcab yang ada di Papua” katanya.

Ia mengungkapkan, pada awalnya memang Kegiatan Bela Negara ini direncanakan pelaksanaannya pada bulan Juli mendatang. Tetapi karena secara Nasional Pramuka belum melaksanakan Rakernas maka kegiatan itu di undur pelaksanaannya pada bulan Oktober mendatang.

“Jadi minggu depan kita akan mengikuti Rakernas dan setelag itu baru akan ditentukan. Kami yakin pasti akan diundur ke bulan Oktober pelaksanaanya” tandasnya.

Agenda nasional lain yang akan dilaksanakan adalah Karang Pamitran. Peserta yang akan mengikuti kegiatan ini adalah para Pembina pramuka yang ada di seluruh Indonesia.

Dia menuturkan, tujuan dari dilaksanakannya Karang Pamitran ini adalah untuk merefresh kembali kegiatan, pengalaman serta pengetahuan tentang kepramukaan yang dimiliki oleh para Pembina.

“Ketika mereka usai mengikuti Karang Pamitran itu, mereka akan kembali ke Kwacab masing-masing dan akan dilaksanakan di Kwarcab masing-masing juga nantinya” tukas Christina kepada reportasepapua.com.

Istri dari Wali Kota Jayapura, Benhur Tommy Mano ini juga menambahkan, selain kedua agenda nasional itu, Kwarda Papua juga akan melaksanakan Jambore Daerah.

“Untuk kegiatan ini, saat ini masing-masing Kwarcab dan Kwarting tengah mempersiapkan kegiatan Jambore Ranting dan Jambore Cabang dan nanti pesertanya akan diseleksi untuk mengikuti Jambore Daerah. Untuk Jambore Daerah ini direncakana akan dilaksanakan di Serui, Kwarcab Kepulauan Yapen” tuturnya.

Lebih lanjut dikatakannya, setelah para peserta itu mengikuti Jabore daerah para peserta ini nantinya juga akan diseleksi untuk mengikuti Jambore Nasional.

“Itu beberapa iven yang akan dilaksanakan, tapi tidak juga menutup kemungkinan bahwa masing-masing Kwartir Cabang melaksanakan program kerja termasuk didalamnya adalah kursus mahir dasar untuk menyiapkan Pembina dan kursus mahir lanjut” pungkasnya. (yurie)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here