Wondama, Reportase Papua.com – Bupati Kabupaten Teluk Wondama Bernadus A Imburi melantik dan mengambil sumpah janji 61 kepala kampung terpilih periode 2020/2026 dilapangan upacara perkantoran Isei distrik Rasiei Pemkab Wondama, Kamis, (2/7/2020).

Kepala kampung terpilih merupakan tindak lanjut dari pemilihan kepala kampung yang terselenggara dimulai pada Desember 2019 sampai dengan Maret 2020. Para kepala kampung menerima surat keputusan (SK) Nomor 141/65/SK/BUP-TW/VII/2020 tentang pengangkatan kepala kampung dan penyematan tanda tangan dari bupati Wondama. selanjutnya dilaksanakan penandatanganan Berita Acara (BA), serta pengambilan sumpah janji.

Turut hadir dalam pelantikan itu, Wakil Bupati Teluk Wondama, Paulus Y Indubri, selain Forkopimda, sekda, para asisten bupati juga wakil ketua II DPRD Teluk Wondama serta para kepala OPD lingkup pemkab Wondama tetapi juga turut hadir masyarakat dari 61 kampung dari 75 kampung di Wondama.

Bupati dalam sambutannya mengucapkan, atas nama pribadi dan pemerintah kabupaten Teluk Wondama mengucapkan selamat atas pengambilan sumpah janji jabatan kepala kampung. Dan berterima kasih atas jasa para mantan kepala kampung yang sudah mengabdikan diri, bupati juga menyampaikan banyak terima kasih kepada semua pihak yang menyelenggarakan suksesnya pemilihan kepala kampung hingga pelantikan.

“Saya atas nama pribadi dan seluruh pemerintah Teluk Wondama mengucapakan selamat atas pelantikan saudara-saudara sekalian. Semoga saudara-saudara dapat menjalankan tugas dan amanah ini dengan baik, demi kemakmuran kampung, distrik dan Kabupaten Wondama juga bangsa dan Negara”ujar Imburi.

Dalam sambutannya Bupati Imburi menyampaikan tentang pelaksanaan kewenangan dan tanggungjawab menjadi seorang kepala kampung, harus mampu memimpin dan mengendalikan kampung, masing-masing kepala kampung bertanggungjawab dalam semua aspek kehidupan masyarakat di kampung. Sebagai kepala kampung sangat menentukan keberhasilan-tidaknya atau maju-mundurnya kampung.

Kata Imburi anggaran kampung saat ini nilainya miliaran rupah tujuannya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di kampung.

“Anggaran kampung, jumlahnya miliaran rupiah tujuannya agar tidak ada istilah kampung tertinggal lagi, tetapi kampung sejahtera, oleh sebab itu saya minta kepala kampung kerja jujur, transparan dan bertanggungjawab,” ujar Imburi.

Selain itu dia juga menambahkan 3 poin penting tentang disiplin dalam bekerja berbakti kepada bangsa dan tanah air bumi pertiwi, yakni disiplin diri, disiplin waktu dan disiplin mengelola keuangan kampung, sebab dia ingatkan penyaluran anggaran miliaran rupiah ke kampung-kampung diawasi ketat oleh pihak-pihak berwajib.

Oleh sebab itu Imburi berkali-kali ingatkan para kepala kampung agar tidak bermain-main dengan uang. “Jangan bermain-main dengan uang itu berbahaya, jika salah gunakan uang kita tidak bisa saling menolong, jadi, ingat para kepala kampung disiplin diri, disiplin waktu dalam bekerja dan disiplin uang. Tiga poin penting ini harus di ingat dikerjakan dengan baik,sebab barang siapa bermain-main dengan uang akan berurusan dengan pihak hukum,”tukas Imburi.

Selaku kepala daerah, Imburi mengimbau kepala kampung terpilih yang baru dilantik saat ini merangkul semua masyarakat di kampung masing-masing jangan lagi ada perpecehan di kampung karena pemilihan kepala kampung lalu dan kepala kampung wajib melaksanakan komitmen visi misi pembangunan kampung yang menunjang pembangunan di kabupaten Teluk Wondama. selain berikan imbauan dia juga berpesan agar para kepala distrik segera melakukan pembinaan kepada kepala-kepala kampung agar mamahami dengan baik bagaimana menjalankan roda pemerintahan di kampung.

“Kepala distrik lakukan pembinaan yang baik kepada para kepala kampung, sebab kepala distrik adalah jembatan penghubung antara pemerintah kabupaten dan pemerintah kampung, komitmen pembangunan kampung harus di wujudkan demi kesejahteraan kampung dan kemajuan masyarakat kabupaten Wondama. kita harus produktif dan aman dari Covid-19 artinya kita tetap bekerja dan terhindar dari Covid-19 jalankan protokol kesehatan dengan baik,”tutup Imburi. (SR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here