JAYAPURA, REPORTASEPAPUA.COM – Anggota DPR Papua, Emus Gwijangge ingin calon anggota 14 kursi dari lima wilayah adat terlebih dahulu bersepakat mendorong calon tertentu yang akan ikut seleksi.

Apalagi kata Emus, kini pendaftaran 14 kursi sudah mulai dibuka oleh Kesbang Pol Provinsi Papua. Maka pihaknya menyarankan kepada masyarakat Papua yang lima wilayah adat yang akan mendaftar terlebih dahulu bersepakat.

“Beberapa waktu lalu pak gubernur mengatakan bahwa 14 orang lanjut, tapi saran saya kepada lima wilayah adat jangan terlalu banyak daftarlah. Satu wilayah adat kesepakatan dulu siapa-siapa yang didorong,” kata Emus akhir kepada Wartawan pekan kemarin

Menurutnya, informasi yang ia peroleh hingga kini misalnya di Wamena yang ambil formulir sudah 84 dan 38 sudah kembalikan formulir.

“Sementara kuota kursi setiap wilayah adat sudah ada dan hanya 14 orang dari semua wilayah adat,” ujar Emus.

Politisi Partai Demokrat itu juga berharap, anak muda Papua yang punya kemampuaan dan power kerja diberi kesempatan agar bersama anggota DPRP dari parpol bekerja di lembaga dewan.

“Itu hak setiap orang asli Papua tapi jangan kita terlalu banyak-banyak kalau ada yang sudah pernah menjadi pejabat jangan lagi daftar meski tidak dilarang,” ujarnya.

Legislator Papua ini juga meminta mantan pejabat mesti tau diri. Selain itu mesti ada keterwakilan perempuan. Sebab Perdasus 14 kursi juga sudah jelas harus ada keterwakilan perempuan.

“Memang tak ada persentasenya tapi harus ada keterwakilan perempuan. Itu juga yang diinginkan Kemendagri. Jadi daerah yang kursinya banyak-banyak minimal satu perempuan,” tegas Emus. (Tiara)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here