Legislator Papua Akan Dorong Pembentukan BLK di Wilayah Meepago

0
136
Petrus Magai saat melakukan Reses di Dsitrik Yatamo dan Deiyai Kabupaten Paniai.

JAYAPURA, Reportasepapua.com -Anggota Komisi II DPR Papua yang membidangi Perekonomian, Petrus Magai dari daerah pemilihan (Dapil) 3 meliputi diantaranya Nabire, Paniai, Deiyai, Dogiai, Timika dan Intan Jaya

Ia mengungkapkan, potensi sumber daya alam di wilayah Meepago sangatlah besar bagi perekonomian masyarakat disana. Namun, terkendala sumber daya manusia (SDM) yang mumpuni.

Hal itu diketahui saat melakukan Reses pertama di tahun 2020 di daerah pemilihan (dapil) 3 di wilayah Meepago.

Oleh sebab itu, legislator Papua ini akan mendorong pembentukan Balai Latihan Kerja (BLK) di wilayah Meepago.

“Potensinya sangat besar baik di sektor, perkebunan (kopi), budidaya ikan dan lainnya. Ini kalau dikelolah dengan baik akan meningkatkan ekonomi masyarakat. Sehingga peningkatan kualitas atau skil dan keterampilan masyarakat perlu dilakukan,” kata Petrus Magai ketika ditemui wartawan di ruang rapat Komisi II DPR Papua, Rabu (18/3/), semalam.

Oleh karena itu, untuk mendorong pembentukan BLK khususnya di wilayah Meepago, Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) ini akan melaporkan hal tersebut ke Ketua Komisi II DPR Papua, hasil aspirasi dari masyarakat di dapil tersebut, untuk selanjutnya dilakukan pembahasan di tingkat komisi.

“Jadi saya akan fokus dengan BLK,” tandasnya.

Menurut Petrus Magai, dengan adanya BLK di tingkat kabupaten khususnya di wilayah Meepago, tingkat pengangguran di wilayah tersebut tentunya akan berkurang.

Petrus menambahkan, setelah masyarakat mengikuti latihan di BLK, maka mereka akan memiliki keterampilan baik di bindang teknik, perkebunan dan lainnya.

“Jadi dengan mengikuti latihan, secara otomatis mereka akan menciptakan lapangan kerja sendiri. Baik itu di bidang teknik, pertanian, perkebunan dan juga budidaya ikan,” pungkasnya. (tiara)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here