KEEROM, Reportasepapua.com – Masyarakat Adat Keerom menyerahkan lahan adat seluas 10 Hektar di Distrik Arso 6 Kab. Keerom kepada Korem 172/PWY yang diserahkan secara simbolis kedapa Komandan Korem 172/PWY Kolonel Inf J. Binsar Parluhutan Sianipar bertempat di kampung Yammua Distrik Arso 6 Kab. Keerom pada Kamis, (16/1/2020).

Lahan yang diserahkan tersebut merupakan lokasi yang akan dibangun untuk Markas Korem 172/PWY yang baru.

Komandan Korem 172/PWY Kolonel Inf J. Binsar Parluhutan Sianipar pada kesempatan tersebut menyampaikan, kegiatan ini sudah kami koordinasikan dengan pemerintah daerah dan adat sejak tahun 2018 lalu dan tahun ini dapat terealisasikan.

“Saat ini, Korem 172/PWY berolaksi di Abepura Kota Jayapura, kedepan rencananya akan kita bangun bangunan Makorem 172 yang baru, namun wilayah penugasannya tetap. Makorem akan kita pindahkan karena kantor Korem saat ini sangat kecil dengan perkembangan pembangunan disekitarnya yang begitu pesat sehingga untuk mengembangkan kantor itu sudah tidak memungkinkan lagi,” Katanya.

Di Keerom ini, Lanjutnya, adalah wilayah yang paling tepat untuk dijadikan wilayah penugasan kami karena Korem 172 bertanggung jawab juga mengamankan wilayah perbatasan RI-PNG.

Rencananya akan dibangun pada tahun 2023-2024 namun hasil kordinasi terakhir menjadi 2024-2025 baru akan dibangun Makorem 172 beserta perumahannya. Untuk saat ini, akan kita manfaatkan sebagai Marshaling area yaitu tempat dilaksanakannya pergeseran pasukan penugasan di wilayah Korem 172/PWY.

Ketua Dewan Adat Keerom, Serfosius Tuamis mewakili masyarakat adat Keerom menyampaikan memberikan lahan tersebut secara ikhlas dengan tujuan pembangunannya dapat membawa manfaat bagi seluruh masyarakat di Keerom.

“Sudah dari berpuluh-puluh tahun yang lalu kami sudah berkordinasi dengan TNI terkait dengan pemberian lahan untuk pembangunan satuan TNi di wilayah Keerom, Namun baru saat ini dapat tercapai,” Tuturnya. (Redaksi.adv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here