Masyarakat Waris Lepaskan Tanah Seluas 300 Hektar Untuk PLBN

KEEROM, REPORTASEPAPUA. COM – Masyarakat Distrik Waris, Kab Keerom telah melepaskan seluas tanah 300 hektar untuk pembangunan Pos Lintas Batas Nasional (PLBN) secara gratis yang berada di Kampung Pund, Distrik Waris, Kabupaten Keerom.

Pasalnya, Distrik Waris, Kab Keerom yang berbatasan langsung RI- PNG, sehingga dianggap perlu adanya pembangunan Pos Lintas Batas Nasiona (PLBN) diwilayah tersebut.

Hal itu diungkapkan Kepala Badan Pengelola Kawasan Perbatasan Daerah Kabupaten Keerom, Joko S. Wabiyagir, SE. M.Si kepaa Reportase Papua. Com saat ditemui diruang kerjanya, Jumat (8/1).

“ jadi masyarakat Distrik Waris, Kab Keerom yang berada diwilayah perbatasan telah siap melepaskan tanahnya seluas 300 hektar untuk pembangunan Pos Lintas Batas Nasional (PLBN) Distrik Waris di Tahun 2024,”ujar Joko.

Dengan dilepaskannya seluas tanah 300 hektar untuk pembangunan Pos Lintas Batas Nasional (PLBN) Waris, masyarakat meminta  kepada pemerintah Pusat, Provinsi maupun Kabupaten untuk dapat memperhatikan masyarakat setempat terutama merekrut pengawai negeri sipil (PNS), karyawan maupun aktivitas di Pos Lintas Batas Nasional (PLBN).

Bahkan masyarakat menegaskan apabila lokasi pembangunan Pos Lintas Batas Nasional (PLBN) Waris dianggap masih kurang dari luas tanah 300 hektar yang diberikan, masyarakat Waris bersedia menambah tanah lagi. “ saat ini masyarakat Waris bersedia melepaskan tanah seluas 300 hektar, apabila masih kurang masyarakat akan menambah tanah lagi,”sambung Joko.

Dari informasi bahwa pembangunan Pos Lintas Batas Nasional (PLNB) Waris akan dibangun oleh Pemerintah Pusat ditahun anggaran 2024, akan tetapi tahapan- tahapannya harus diikuti saat ini. Sehingga ditahun 2014 pelaksanaan pembangunan Pos Lintas Batas Nasional (PLBN) Waris dapat berjalan sesuia yang diharapkan. “ dengan adanya PLBN ini adanya kunjungan wisata, membangkitkan perekonomian masyarakat dan aktifitas pelintas batas bisa terpantau baik itu barang maupun manusia dapat terdata dengan baik,”jelasnya.

Yang penting masyarakat yang berada diwilayah Distrik Waris, Kab Keerom telah siap adanya pembangunan PLBN seperti siapkan tanahnya dan siap menjaga proses pembangunan.

Sementara Kepala Kampung Pund, Distrik Waris, Kab Keerom, Elias Amo mengatakan, masyarakat yang berada di Distrik Waris khususnya pemilik hal ulayat telah bersedia melapaskan tanahnya seluas 300 hektar untuk pembangunan Pos Lintas Batas Nasional (PLBN) Waris di Tahun 2024.  “ untuk pelepasan tanah seluas 300 hektar tidak ada masalah.tinggal masyarakat menunggu pembanguna Pos Lintas Batas Nasional (PLBN) di Tahun 2024,”ungkap Elias. (Rhy)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

22,041FansSuka
2,826PengikutMengikuti
17,900PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles