Melalui MTQ, Umat Muslim Diajak Merefleksikan Diri

0
66
Bupati Keerom MUH Markum, SH.MH.MM saat menyerahkan bantuan kepada LPTQ tingkat Distrik pada Pembukaan MTQ ke- VIII tingkat Kab Keerom Tahun 2020 di Masjid Mithatul Huda Pir IV, Distrik Manem, Kab Keerom.

KEEROM, Reportasepapua.com – Bupati Keerom MUH Markum membuka Musabaqah Tiwaltil Qur’an (MTQ) ke- VIII tingkat Kabupaten Tahun 2020 di Masjid Mithatul Huda Pir IV, Kampung Wonorejo, Distrik Manem, Kabupaten Keerom, Jumat (20/3)

Dari pembukaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke- VIII tingkat Kabupaten Keerom Tahun 2020 diikuti sebanyak 99 peserta dari 7 perlombaan, yang diikuti di Lima Distrik se- Kabupaten Keerom. Ke lima Distrik diantaranya, Distrik Arso, Distrik Arso Barat, Distrik Skamto, Distrik Manem dan Distrik Senggi.

Bupati Keerom MUH Markum, SH.MH.MM mengungkapkan, pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke- VIII Tahun 2020 tingkat Kabupaten dapat dimanfaatkan dengan sebaik- baiknya salah satunya sebagai ajang silaturahim. Selain itu Al- Qur’an merupaka sumber pengetahuan serta mengandung nilai- nilai kehidupan yang mengajarkan mana yang benar dan mana yang salah. Bahkan mana yang baik dan mana yang buruk, mana yang sejati dan mana yang palsu.

Melalui MTQ ke- VIII tingkat Kabupaten Keerom Tahun 2020, Bupati Keerom mengajak untuk semua merefleksi diri, bersikir bertapakul dalam membangun ahlat dan peradaban.

“ kita jangan hanya terjebat pada kegiatan seremonial saja, kita harus bermusabaqah dalam menunjukkan kualitas yang terbaik. Bukan hanya dalam arena MTQ tetapi juga berloma dalam kehidupan sehari- hari untuk menjadi yang terbaik,”ujar Markum.

Oleh karena itu, dalam pelaksanaan MTQ ke- VIII tingkat Kab Keerom Tahun 2020 dapat meningkatkan jejak- jejak peradapan yang ditandai dengan perubahnya pola piker, kebiasaan dan karakter yakni dari pemikiran yang sempit kepada pemikiran yang terukur dan maju. Sehingga kemandirian dan keberagamaan dapat tercapai.

“ Lantunan Al- Qur’an, lantunan kalam ilahi yang dibacakan dengan alunan suara yang indah dan merdu yang ditulis dalam karya seni yang tinggi. Sehingga pada MTQ ke- VIII tingkat Kab Keerom dapat menghasilkan generasi- generasi yang mempunyai kecerdasan spiritual, kecerdasan social dan kecerdasan modal sebagai modal untuk membangun bangsa untuk membangun Kab Keerom,”bebernya.

Untuk itu diharapkan pada momentum MTQ ke- VIII tingkat Kab Keerom Tahun 2020 dapat meningkatkan keberagaman ummat, Pemerintah Daerah Kab Keerom sangat serius terhadap semua kegiatan- kegiatan yang diselenggarakan Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ).

“ mari bersama- sama dan bersama- sama bekerja, kerja keras, kerja cerdas dan kerja iklas,”pungkasnya.

Sementara itu Ketua Panitia MTQ ke- VIII tingkat Kab Keerom Makruf menjelaskan, pelaksanaan MTQ ke- VIII tingkat Kab Keerom diikuti 99 peserta pada tujuh mata lomba dari Lima Distrik se- Kabupaten Keerom, yang dimulai dari tanggal 19 Maret hingga 21 Maret 2020.

Dari tujuh lomba tersebut diantaranya, tarwil qur’an, tilawah anak- anak, tilawah remaja dan tilawah dewasa. Selain itu ipsil 1 jus dan ipsil 5 jus, sahril qur’an, pamil qur’an dan taligrafi. (Rhy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here