TELUK WONDAMA, REPORTASEPAPUA.COM – Menuju Wondama Elok Maju Aman Sejahtera ( EMAS) mulai nampak pembanguan demi pembanguan telah direalisasikan mulai dari peningkatan Sumber Daya Manusi hingga fasilitasi Penataan Kota Kabupaten Teluk Wondama. kini telah hadir lampu jalan membuat wajak kota kabupaten Teluk Wondama Semakin Bersinar dimalam hari.

“Jalan Kota yang selama ini gelap gulita, kini sudah terang menderang dengan adanya lampu jalan ini, “kata Bupati kabupatebn Teluk Wondama Bernadus A Imburi saat menggunting pita dimulainya penyalaan lampu Jalan itu, Rabu, (28/8).

Pemasangan lampu lampu penerangan yang saat ini ada itu merupakan upaya pemerintah dalam mewujudkan visi menuju Wondama EMAS. “mari kita syukuri ini sebab ini semua berkat Tuhan, mari kita jaga ini sebagai milik kita yang menerangi kita saat malam hari selain menerangi tetapi juga membuat indah wajah kota kita ini, “ucap Imburi.

Seperti yang di kemukakan Sendeling Isack Samuel Kijdne dikatakan Imburi berdasarkan iman kita akan berjalan dari tanda heran satu ke tanda heran yang lain, oleh sebeb itu Imburi ajak Mayarakat patut bersyukur atas apa penyalaan lampu jalan menandakan Wondama mulai menata diri untuk lebih maju lagi.

“Saya mau katakan, kita akan berjalan dari tanda heran yang satu ke tanda heran yang lain berdasarkan imna kita kepada Tuhan, seperti Kidjne katakan, ujar Imburi, sembari mengatakan pemerintaha kan terus berupaya agar Wondama maju salah satunya dengan Lampu jalan tersebut adalah lampu jenis LED yang dipasang pada tiang galvanis setinggi Sembilan meter dengan model 2 lengan kiri dan kanan jalan lampu tersebut menggunakan tenaga surya.

“Ya katanya di Papua barat ini baru kita di Wondama yang menggunakan lampu jalan jenis ini, dan saya merasa senang sekali kami rakyat sangat senang atas apa yang telah dibuat ini. Saat ini kita baru punya 50 tiang dan kita akan tambah lagi di tahun depan,” Tutur Imburi.

Sementara di tempat yang sama, Kepala Dinas Perindagkop Pemkab Wondama, Egberson Karubuy Katakan Anggaran yang tersedia pada tahap pertama ini terbatas sehingga hanya mampu Menerangi areal hingga Manggurai Sebanyak 50 tiang aja tetapi pada APBD tahun 2020 akan dianggarkan lagi sehingga terpasang diseluruh kota kabupaten teluk Wondama, kata Egberson selain memperelok elok wajah kota Wasor tetapi juga mengurangi terjadinya kecelakaan lalulintas pada malam hari.

“Pekerjaan ini ditangani oleh PT. Subur Sentosa dengan anggaran 2, 5 milyar bersumber dari APBD tahun 2019.ini mewujudkan visi eloknya Wondama, yaitu menuju Wondama EMAS. Tujuannya untuk keselamatan saat ini berlalulintas malam tetapi juga memberikan suasan indah kota Wondama di malam hari,”tutur Egber. (solfi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here