Meski Paslon A2 Suara Unggul saat PSU, Paslon Hemat Masih Tetap Unggul Jumlah Suara Akhir Rekap, Ini Hasil Rekap KPU !

0
118

Wondama, Reportase Papua.com – Pemungutan Suara Ulang (PSU) kabupaten Teluk Wondama pasca pada 8 April 2021 lalu, yang dilakukan oleh KPU berdasarkan putusan MK nomor 32/BAP.bup-XIX/2021 tentang PSU di 4 TPS.

PSU di 4 TPS yakni, TPS 04 kampung Wasior II, TPS 05, 09 dan 14 kampung Maniwak distrik Wasior. Sesuai jadwal KPU Wondama, setelah PSU di lakukan pada 8 April 2021 kemudian, perhitungan suara mulai dari TPS hingga ke tingkat PPD sampai pleno rekapitulasi penetapan hasil pemungutan suara ulang oleh KPU Wondama, Senin, (12/4).

Empat pasangan calon bupati dan calon wakil bupati yang ikut dalam pemungutan suara diantara, pasangan calon (Paslon) nomor urut 1 elisa Auri-Ferry Auparai (A2), Paslon nomor urut 2 Bernadus Imburi-Zeth Marani (Beriman), Paslon nomor urut 3, Paulus Indubri-Kuro Matani (Idaman) dan Paslon nomor urut 4 Hendrik Mambor- Andaria Kayukatui (Hemat).

Sesuai Surat keputusan (SK) KPU Wondama nomor ;9207/KPU-Kab/IV/2021 tentang penetapan rekapitulasi hasil  perhitungan suara ulang pasca putusan mahkama konstitusi RI nomor 32/BAP.Bup-XIX/2021, dalam pemilihan calon bupati dan calon wakil bupati tahun 2021.

Hasil perhitungan suara ulang yang di bacakan oleh devisi hukum dan Pengawasan Julian Madiowi pada pleno rekapitulasi dan penetapan hasil PSU di aula SMP Negeri I Wasior.

Paslon nomor 1  hasil perolehan suara sah 353, paslon nomor urut 2 hasil perolehan suarah sah nol, Paslon Nomor urut 3 hasil perolehan suara sah 1 dan Paslon nomor urut 4 hasil perolehan suara sah 259.

Lanjut Madiowi membacakan, KPU menetapkan sesuai dengan SK tersebut di atas, hasil perhitungan suara untuk 4 pasangan calon bupati dan wakil bupati, hasil perolehan suara sah akhir pasca pembatalan,  Paslon nomor urut 1 suara akhir  5099, Perolehan suara sah di empat TPS PSU 353, total suara 5452. Paslon nomor urut 2 suara akhir  3727, peroleh suara sah di 4 tps psu nol, total suara 3727. Paslon nomor urut 3 perolehan suara sah pasca pembatalan empat  TPS PSU 3986, perolehan suara sah pada TPS PSU 1, total suara 3987. Paslon nomor urut 4, suara akhir 5378, perolehan suara sah di 4 tps psu 259, total suara sah 5637.

Hasil rekapitulasi perolehan, perhitungan suara ulang akhirnya di akhir dengan melakukan penandatangan berita acara rekapitulasi hasil pleno penetapan hasil perhitungan perolehan suara oleh 4 Paslon bupati dan wakil bupati dengan tertib dan penuh hikmat.

Kapolres Kabupaten Wondama, Akbp Yohanes Agustiandaru, SH, S,IK. MH saat di temui wartawan diusai rapat pleno terbuka itu, dia Mengungkapkan banyak terima kasih kepada seluruh rakyat wondama yang telah menjaga khambtipmas di Wondama sepanjang pilkada berjalan hingga PSU sampai kepada hasil PSU berjalan Baik.

“Sampai saat ini sudah selesai pleno tingkat kabupaten, kami beraharap seluruh elemen masyarakat dan para paslon turut menjaga situasi kambtipmas,” ujar Yohanes.

Yohanes juga minta, kondisi aman ini, terus di jaga dan di pelihara dengan baik, sampai kepada pelantikan bupati terpilih nanti. Dia meminta rakyat Wondama bersatu demi pembangunan yang maju di tanah peradaban ini.

“Sampai dengan pelantikan bupati, saya himbau, masyarakat mari kita bersatu padu, lanjutkan pembangunandi Wondama,”kata Yohanes.

Dicecer menganai penarikan kembali pasukan BKO brimob polda Papua Barat, Yohanes katakan, hingga saat ini pihaknya masih melihat kondisi keamanan di Wondama seperti apa kedepannya.

“kita akan lihat situasi yang berkembang, kita masih melakukan patroli seperti biasa untuk menjaga situasi kambtimas tetap kondusif,”tutup Yohanes.

Rapat pleno terbuka itu, dipimpin langsung oleh ketua KPUd Wondama, Monica else Sanoi, dihadiri oleh Kapolres Wondama, Ketua dan jajaran divisi Bawaslu Wondama, serta saksi dari masing-masing pasangan calon bupati dan calon wakil bupati, anggota KPPS PPD distrik Wasior. (SR)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here