JAYAPURA, REPORTASEPAPUA.COM – Menjelang natal 2019 dan tahun baru 2020, PT Pelni Cabang Jayapura tak melakukan penambahan kapal penumpang.

Kepala Bagian Administrasi dan Umum PT Pelni Cabang Jayapura, Duta Kusuma mengatakan, saat ini 5 unit kapal penumpang yang masuk ke Jayapura cukup untuk mengangkut penumpang menjelang natal 2019 dan tahun baru 2020.

Pihaknya hanya melakukan penambaha jumlah kapasitas penumpang maksimum untuk kapal Pelni termasuk 5 kapal yang masuk ke Jayapura.

Penambahan kapasitas dilakukan berdasarkan Surat Kementerian Perhubungan tentang penambahan kapasitas jumlah penumpang kapal angkutan lebaran, natal tahun 2019 dan tahun baru 2020.

Adapun penambahan kapasitas untuk kapal Pelni yang melayani penumpang dalam negeri masuk dan keluar melalui Pelabuhan Jayapura yaitu KM Dobonsolo, KM Gunung Dempo, KM Labobar, KM Ciremai dan KM Sinabung.

Duta menjelaskan, untuk KM Labobar, dispensasi penumpang maksimum 1.517 orang atau 49 persen, KM Ciremai, dispensasi penumpang maksimum 739 orang atau 89 persen.

Duta melanjutkan untuk KM Dobonsolo, mendapatkan dispensasi penumpang maksimum 917 orang atau 71 persen, KM Sinabung, dispensasi penumpang maksimum 1.258 orang atau 71 persen dan KM Gunung Dempo, dispensasi penumpang maksimum 847 orang atau 54 persen.

Sementara itu, selama Desember ini, jumlah kunjungan kapal Pelni ke Jayapura sebanyak 11 kunjungan. Kunjungan terakhir pada Desember 2019 yaitu KM Labobar.

“KM Labobar diperkirakan masuk tanggal 27 Desember 2019. Sementara, sepekan sebelum natal atau tanggal 18 Desember 2019, masih ada kapal masuk yaitu KM Sinabung,” kata Duta, Minggu (1/12/2019).

Pihaknya mengimbau kepada masyarakat yang telah merencanakan perjalanan menggunakan kapal penumpang Pelni agar membeli tiket jauh–jauh hari agar mendapatkan tempat tidur/seat di atas kapal.

“Tiket dapat dibeli langsung di loket kantor Pelni atau loket–loket yang tersedia di biro perjalanan,” ucapnya. (Ananda)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here