Natan Pahabol Diberi Mandat Rangkap Sejumlah Jabatan di DPR Papua

0
342

JAYAPURA,REPORTASEPAPUA.COM – Politisi Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) DPR Papua, Natan Pahabol mengaku akan merangkap sejumlah jabatan dalam alat kelengkapan dewan di DPR Papua.

Natan Pahabol yang awalnya menjabat Sekretaris Fraksi Gerindra dan Sekretaris Komisi V DPR Papua akan mengemban tugas baru sebagai ketua Fraksi Gerindra dan salah satu unsur pimpinan, yakni Wakil Ketua III, menggantikan Ibu Yanni.

Legislator Papua ini mengungkapkan, jika dirinya telah mendapat surat dari Partai Gerindra yang memberikan mandat kepadanya merangkap sejumlah jabatan itu sementara waktu.

“Pimpinan partai Gerindra dan pengurus lain, dalam rapat menyetujui memberikan kewenangan kepada saya sebagai ketua fraksi, sekretaris fraksi, anggota fraksi, dan salah satu unsur pimpinan DPR Papua,” kata Natan Pahabol kepada Wartawan di ruang kerjanya, belum lama ini.

Menurut Natan Pahabol, ia dimandatkan partainya merangkap sejumlah jabatan itu lantaran lima anggota DPR Papua dari Partai Gerindra ada yang mengundurkan diri, mencalonkan diri kembali dari partai lain (pindah partai), menjalani proses hukum di lembaga pemasyarakatan, dan dalam proses pemberhentian oleh partai.

“Ketua DPD Gerindra Papua, Ibu Yanni yang dulunya menjabat Wakil Ketua III DPR Papua mundur saat mencalonkan diri sebagai bupati dalam pilkada Kabupaten Jayapura 2017 lalu,” ungkapnya.

Sedangkan dua anggota DPR Papua dari Partai Gerindra yang pindah partai, satu orang saat ini menjalani proses hukum di lembaga pemasyarakatan lantaran kasus korupsi, dan seorang lainnya lagi dalam proses pemberhentian oleh partai.

“Tinggal saya sendiri dan untuk sementara, saya diberi kewenangan merangkap semua itu (jabatan) sebelum ada pelantikan Pergantian Antara Waktu (PAW) anggota dari Partai Gerindra,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua DPR Papua, Yunus Wonda membenarkan jika ia telah menerima surat dari pengurus Partai Gerindra terkait adanya perubahan struktur dalam fraksi itu di parlemen Papua.

“Pemberitahuan perubahan pimpinan Fraksi Gerindra sudah ada di kami. Tinggal dibacakan dalam sidang non APBD yang rencananya digelar dalam waktu dekat, Desember 2018 ini,” pungkasnya.(tiara)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here