JAYAPURA, REPORTASEPAPUA.COM – Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Papua dan Papua Barat, Adolf Fiktor Tunggul Simanjuntak mengungkapkan, sejumlah Bank Perkreditan Rakyat (BPR) akan membuka kantor di Papua.

“Karena dinilai sangat berpotensi untuk penyaluran kredit, salah satu BPR yang berkantor di Manado, Sulawesi Utara memindahkan seluruh operasionalnya di Nabire, Papua tahun 2019 lalu, sementara penyaluran kredit di wilayah Manado semakin berkurang,” ujar Adolf, Rabu (15/01/2020).

Adolf melanjutkan, sejumlah pemilik BPR di luar Papua telah melakukan komunikasi dengan pihaknya membahas peluang membuka kantor di Papua dan Papua Barat pada tahun ini.

Selama tahun 2019, total ada 8 BPR di Papua dan 5 di Papua Barat. Tahun 2019, OJK telah menutup 1 BPR Syariah di Papua lantaran pengelolaan manajemen dinilai tak lagi mengikuti ketentuan atau aturan OJK.

Penyaluran KUR Meningkat

OJK mencatat penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) meningkat dari Rp940 miliar tahun 2018 menjadi Rp1,8 triliun atau naik 8,4 persen tahun 2019 yang didominasi sektor perdagangan.

Adolf mengatakan, realisasi KUR yang meningkat menandakan bahwa masyarakat mendapat informasi dengan baik mengenai program tersebut.

Pihaknya memperkirakan penyaluran KUR di Papua dan Papua Barat pada tahun 2020 semakin meningkat seiring suku bunga acuan turun menjadi 5 persen. Secara nasional, target plafon (batas tertinggi) KUR sebesar Rp190 triliun.

“Untuk Papua dan Papua Barat belum terinformasi plafond KUR tahun ini, kami masih menunggu dari pusat. Di Papua ada 5 bank yang menyalurkan KUR yakni Bank Rakyat Indonesia (BRI), Bank Negara Indonesia (BNI), Bank Mandiri, Bank Tabungan Negara (BTN) dan Bank Pembangunan Daerah Papua (Bank Papua),” kata Adolf.

Khusus Bank Papua, pada tahun 2019 telah menyalurkan KUR sebesar Rp75 triliun, namun penyaluran KUR masih didominasi BRI.

Dengan meningkatnya penyaluran KUR, kata Adolf, menjadi motivasi bagi masyarakat untuk meminjam. Terlebih Non Performing Loan (NPL/kredit bermasalah) KUR berada di bawah 1 persen. (Ananda)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here