MANOKWARI, REPORTASEPAPUA.COM- Ketua Pengadilan Jayapura, Heru Pramono resmi melantik pimpinan definitif Dewan Perwakilan Daerah (DPR) Provinsi Papua Barat periode 2019-2024, Kamis (5/12/2019).

Pelantikan yang berlangsung di salah satu hotel termawah di Kota Manokwari itu dihadiri Gubernur Provinsi Papua Barat, Dominggus Mandacan, Ketua KPU, dan Pimpinan Para Politik (Parpol).

Empat pimpinan dewan yang dilantikan yakni Ketua DPR Orgenes Wonggor, Wakil Ketua I, Renley Mansawan (Nasdem), Wakil Ketua II Saleh Siknun (PDI-P) dan Wakil Ketua III Jongky R. Fonataba (Demokrat).

Pimpinan DPR dipimpin berdasarkan perolehan kursi terbanyak, dan sebagaimana diketahui partai pemenang tahun 2019 untuk Provinsi Papua Barat terdapat empat partai yakni Golkar, Nasdem, PDI-P, dan Demokrat.

“Pimpinan DPR bersifat kolektif dan Kolegeal sehingga keputusan diputuskan bersama dan tidak hanya ditentukan oleh beberapa orang saja,”ujar Orgenes Wonggor, Ketua definitif DPR Papua Barat dalam sambutan perdananya.

Orgenes mengatakan, setelah pelantikan ini banyak tugas dan tanggungjawab yang  harus diselesaikan di antaranya pembahasan APBD tahun 2020. Dia pun mengajak seluruh seluruh anggota DPR Papua Barat maupun Sekretariat Dewan (Sekwan), agar bersama-sama melaksanakan tugas pemerintah dengan penuh rasa tanggungjawab.

Sementara itu, Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan dalam sambutanya mengajak seluruh  anggota DPR dan stakholder dan seluruh komponen masyarakat hendak dapat mendukung sepenuhnya pimpinan DPRD yang baru di lantik dalam menjalankan tugasnya sesuai dengan visi, misi dan janji yang disampaikan saat kampanye.

“Dengan dilantiknya pimpinan DPR masa kerja 5 tahun kedepan merupakan suatu kepercayaan masyarakat kepada saudara-saudara sekalian. Pelantikan ini merupakan awal bagi saudara-saudari dalam melaksanakan tugas sebagai pimpinan dewan,”katanya.

Dia berharap kedepan agar ada kerjasama dengan pemerintah daerah demi tercapainya kesejahteraan masyarakat. [ONE]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here