Pangdam Cenderawasih Ingatkan Satgas Perbatasan Tak Bawa Pulang Flora Fauna

JAYAPURA,REPORTASEPAPUA.COM – Upacara penerimaan dan pelepasan Satgas Pamtas RI-PNG di wilayah kolakops Rem 172/Praja Wira Yakthi dilaksanakan di lapangan IPDN Buper Waena Kota Jayapura, Senin (19/11).
Dalam kesempatan tersebut, Panglima Kodam /XVII Cenderawasih Mayor Jenderal TNI Yosua Pandit Sembiring mengingatkan agar seluruh prajurit yang akan kembali ke Satuannya tidak membawa flora dan fauna yang dilindungi.
 “Hal ini sebagaimana komitmen Kodam/XVII Cenderawasih yang  juga peduli terhadap pelestarian lingkungan hidup,” jelas Pangdam dalam sambutannya.
Selain menyampaikan apresiasi kepasa Satgas lama yang purna tugas, Pangdam juga mengucapkan selamat datang kepada 3 Satgas yang baru tiba yakni, Satgas Yonif Para Raider 328 Kostrad, Satgas Yonif 126/Kala Cakti, dan Satgas Yonif 725/Woroagi dengan total kekuatan pasukan 450 orang per Satgas.
“Wilayah perbatasan merupakan beranda depan NKRI yang memiliki nilai strategis bagi kedaulatan negara dan berpengaruh kepada aspek pertahanan sebagaimana tercantum dalam undang-undang Republik Indonesia Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI.
Wilayah perbatasan ini memiliki kerawanan yang harus selalu diantisipasi,  seperti aktivitas illegal logging, kriminal bersenjata, penyelundupan narkoba, miras dan lain sebagainya,” jelas Pangdam.
Karena hal ini Pangdam menginginkan agar Satgas yang baru akan bertugas selalu waspada dan lakukan patroli keamanan maupun patroli pemeriksaan patok batas.
“Hindari kesalahpahaman dan jangan mudah terprovokasi serta melakukan tindakan di luar prosedur apabila menemukan permasalahan segera lapor kepada pimpinan masing-masing sehingga dapat diambil tindakan secara cepat dan tepat, serta Jangan melakukan tindakan sendiri-sendiri karena dapat berakibat fatal,” jelas Panglima lagi.
 Hadir dalam kegiatan tersebut, Kasdam XVII/Cendrawasih, Brigjen TNI Nyoman Cantiasa, Danlanud Silas Papare Jayapura, Marsma TNI Tri Bowo, Kapolda Papua, Irjen Pol. Martuani, Danrem 172/PWY, Kolonel Inf. Parluhutan Binsar Sianipar, Asisten dan Kabalak jajaran Kodam XVII/Cendrawasih serta Forkompinda Kota Jayapura. (Faisal)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

21,949FansSuka
2,763PengikutMengikuti
17,700PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles