JAYAPURA, Reportasepapua.com – Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Herman Asaribab bersama Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpau dan pejabat Kodam XVII/Cenderawasih serta Polda Papua mendampingi kunjuangan kerja Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto S.IP dan Kapolri Jenderal Pol. Drs Idham Azis M.Si dalam kunjungan ke Papua untuk melepas Satgas Pendisiplinan Protokol Kesehatan Covid 19 di Provinsi Papua.

Kapendam XVII/Cenderawasih Letkol Arm Reza Nur Patria menyampaikan bahwa pada kunjungan Panglima TNI dan Kapolri ke Yonif 751/R di Sentani, Kab Jayapura pada Sabtu (29/08) tersebut bertujuan untuk melepas Satgas Pendisiplinan Protokol Kesehatan Covid 19 Di provinsi Papua.

Selanjutnya dalam keterangannya, Panglima TNI, mengatakan bahwa Satgas Pendisiplinan Protokol Kesehatan Covid 19, terdiri dari unsur gabungan TNI – Polri, yaitu Babinsa, Babinpotmar, Babinpotdirga dan Babinkamtibmas.

Dan hal ini dilakukan sesuai dengan instruksi presiden nomor 6 tahun 2020, tentang sinergitas TNI–Polri tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Dalam Pencegahan dan Pengendalian Covid 19, dimana dalam pelaksanaanya, TNI dan Polri akan terus mendukung dan membantu pemerintah daerah, dalam pelaksanaan patroli pengawasan dan pembinaan masyarakat, guna pendisiplinan pelaksanaan protokol kesehatan pencegahan Covid 19.

“TNI dan Polri akan terus bersinergi dalam mendukung pemerintah daerah dalam upaya pencegahan Covid 19 melalui patroli penegakan disiplin Protokol kesehatan, yang melibatkan Babinsa, Babinpotmar, Babin potdirga dan Babinkamtibmas. Pembinaan dan penegakan disiplin protokol kesehatan akan dilakukan terus menerus dan hal itu sudah tertuang dalam Inpres nomor 6 tahun 2020″ Pungkas Marsekal Hadi.

Lebih lanjut, Panglima TNI juga memberikan apresiasi kepada pemerintah daerah Provinsi Papua yang terus gencar melakukan upaya pencegahan penyebaran Covid 19, dan hal itu terbukti dengan semakin meningkatnya angka kesembuhan Covid 19, dan angka kematian akibat Covid 19 yang terus menurun.

”Untuk itu, Saya selaku Panglima TNI berharap agar capaian pencegahan covid 19 di Papua bisa terus dipertahankan, melalui peningkatan kesadaran dan penerapan protokol kesehatan dari seluruh komponen masyarakat, dengan cara menjaga jarak, memakai masker, dan mencuci tangan,” tambah Panglima TNI

“Ini harus terus kita lakukan, hingga ke pelosok-pelosok perkampungan, dan tentunya pelaksanan patrol penegakan kedisiplinan Protokol Kesehatan ini akan semakin efektif melalui kerjasama dengan tokoh masyarakat, tokoh adat dan tokoh agama setempat, yang harus memberikan contoh dalam pelaksanaan Protokol Kesehatan pencegahan Covid 19,” tegas Panglima TNI.

“Mudah-mudahan kondisi seperti ini terus dipertahankan agar kita semua bisa kembali beraktivitas dengan baik, dan terbebas dari paparan Covid 19,” tutupnya.

Sebelum melepas Satgas Pendisiplinan Protokol Kesehatan Covid 19, Panglima TNI dan Kapolri juga berkesempatan melaksanakan Video Conference dengan Satgas Pendisipilinan Protokol Kesehatan Covid 19 Kabupaten dan Kota yang berada di Provinsi Papua. (rdk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here