Papua akan Ekspor Kopi, Kelapa Sawit, dan Coklat

0
339

JAYAPURA,REPORTASEPAPUA.COM – Terkait Ekspor  hasil bumi di papua seperti Kelapa, sawit, Coklat dan Kopi ke berbagai Negara, Dinas Perkebunan Provinsi Papua telah berkoordinasi dengan pihak terkait.

“Saat ini kami sudah berkoordinasi bersama para petani juga pihak terkait yang mengurus ekspor serta para pelaku usaha untuk bagaimana kami membangun sinergitas dan kesepakatan bersama terkait hasil bumi di Papua yang akan di perjual belikan ke Luar Negeri,” tegasnya.

Hal tersebut disampaikan Kepada Dinas Perkebunan Provinsi Papua Jhon Nahumury kepada wartawan usai mengikuti kegiatan Sinergitas Karantina Pertanian bersama Instansi terkait dalam mendukung Ekspor Produk Pertanian di bumi Cenderawasih kegiatan tersebut dilaksanakan di Gedung Negara Dok 5 Atas, Senin 15 April 2019.

Dijelaskan juga bahwa ada beberapa hasil bumi di papua yang harus sama sama kita dorong untuk di ekspor contohnya kopi, maka pihak kami bersama para pelaku usaha harus bekerjasama agar mengetahui betul berapa jumlahnya,mutu,kualitas, dan apa saja kendala yang dihadapi dalam ekspor nanti.

Sehubung dengan itu bukan hanya kopi yang akan kami ekspor namun kakao, sagu, dan kelapa sawit.

“Kalau untuk sawit, para petani tersebut mengatakan baru dikirim ke dalam negeri katanya untuk mencukupi bahan pangan antar pulau di Indonesia, dan para petani sawit belum merencanakan untuk mengekspor sawit,” tuturnya.

Disisi lain, kami bersama Imigrasi dan Badan Karantina sedang dalam proses pelacakan pengiriman sawit tersebut untuk memastikan apakah benar hanya antar pulau di indonesia, jangan sampai ada pihak tertentu yang memanfaatkan situasi untuk mengekspor sawit ke luar negeri tanpa sepengetahuan kami.(berti)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here