Surabaya, Reportasepapua.com – Karena Dedikasinya dan kepeduliannya Pada Kemajuan Olahraga Di Papua, Lukas Enembe yang merupakan gubernur Papua mendapat penghargaan “golden award” dari SIWO PWI PUSAT dalam Acara yang digelar di Gedung Grahadi Surabaya, Jawa Timur.

“Papua Resmi Mendapat Gelar dari siwo ini karena Pertama Papua memperoleh suara terbanyak dengan 66 suara, sehingga dapat terpilihnya Pemerintah Provinsi Papua Menjadi tuan rumah pon 2020, ini tentunya bukan saja perjuangan semua orang papua tetapi gubernur mempunyai peranan besar dalam menjadikan papua sebagai tuan rumah di papua karena beliau sangat serius dan konsern dengan olahraga,”  ungkap ketua siwo.

Penghargaan Golden Award dalam rangka hari pers nasional ini diterima Sekretaris Daerah (Sekda) Papua, Hery Dosinaen mewakili Gubernur Papua yang berhalangan hadir.

Selain Gubernur Lukas Enembe, sejumlah tokoh peduli olahraga juga memperoleh penghargaan Golden Award dalam kategori berbeda. Di antaranya Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. 

Sekda Papua Hery Dosinaen kepada wartawan usai menerima penghargaan ini mengucap syukur dan bangga dimana dirinya  menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Siwo PWI, dan wartawan di papua serta di indonesia yang sudah memberikan penghargaan kepada Gubernur Papua atas kepeduliannya terhadap olahraga di bumi cenderawasih.

Menurut Sekda, adanya penghargaan ini dapat menjadi moment dan semangat dimana telah para penyelenggara dan pemerintah serta seluruh masyarakat Papua untuk peduli terhadap kemajuan olahraga di tanah Papua.

“Olahraga menyatukan bangsa dan memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia, dan ini penting bagi kami di Papua, dimana satu tahun lagi kami akan laksanakan PON XX, ujarnya.

Tambah Sekda, Kepedulian gubernur terhadap olahraga Di Papua merupakan suatu hal yang luarbiasa dimana gubernur papua begitu konsern dengan olahraga di papua.

“Perjuangan itu dimulai sejak tahun 2014, dengan melakukan road show ke 34 Provinsi se Indonesia untuk mencari dukungan. Tidak hanya menguras pikiran dan tenaga, tetapi juga membutukan biaya yang sangat besar,” ungkapnya.

Tetapi hal itu tidak menjadi hambatan dan tantangan untuk mewujudkan Papua menjadi tuan rumah PON 2020. Dan Papua menjadi salah satu tuan rumah penyelenggaran PON di luar wilayah pulau Jawa.

“Mudah-mudahan dengan PON XX tahun 2020, Papua lebih bisa dan percaya, dari ufuk yang paling timur, kami siap untuk melaksanakan PON dalam rangka Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” tutupnya.

Sementara Ketua SIWO PWI Pusat AAGWA Ariwangsa mengatakan acara Golden Awards tahun ini sangat istimewa karena momentumnya disemangati bersama semua komponen sehingga sukses Digelar dimana sebagai tuan rumah dan pencapaian prestasi atlet Asian Games dan Asian Para Games 2018.

Khusus untuk pencapaian prestasi, Indonesia menembus posisi empat besar Asian Games 2018 dengan raihan 31 medali emas, serta berada pada posisi lima besar Asian Para Games dengan torehan 37 medali emas.

“Dan momentum menjadi tuan rumah Asian Games ini belum tentu akan terulang kembali hingga 50 tahun ke depan,” kata Ariwangsa. 

Diketahui bahwa  penetapan Papua menjadi tuan rumah berdasarkan Surat  Keputusan Menpora Nomor 0110 tahun 2014 yang ditetapkan di Jakarta tanggal 2 April 2014 oleh Menpora Roy Suryo dan papua Telah siap melaksanakan PON XX.(berti)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here