JAYAPURA, REPORTASEPAPUA.COM – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) jayapura mengadakan pertemuan bersama Komisi C Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kota jayapura terkait rencana PDAM penyesuaian tarif air minum yang akan diterapkan di bulan Oktober tahun 2019 di ruang rapat kantor PDAM jayapura.

Direktur Utama PDAM jayapura, Entis Sutisna menyampaikan telah mengusulkan kepada pemerintah kota dan kabupaten jayapura melalui dewan pengawas untuk bulan Oktober akan ada penyesuaian tarif Air Minum. Penyesuaian ini dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat.

Entis menegaskan, penyesuaian tarif ini berdasar pada pemendagri No 71 tahun 2016. PDAM boleh melakukan penyesuaian tarif atau penagihan tagihan air minum kepada pelanggan tidak boleh lebih dari 4% dari UMP untuk kategori dari tarif 10 meter kubik pertama atau tarif dasar.

“Kita lakukan penyesuaian tarif dikarenakan semenjak 2008 sampai saat ini, 11 tahun belum ada penyesuaian tarif, ini dilakukan karena pertama pengeluaran lebih besar daripada pendapatan PDAM untuk pemeliharaan pipa dan sebagainya, kemudian agar masyarakat bisa dilayani keselurahan di kota maupun kabupaten jayapura dengan pemeliharaan perbaikan pipa yang sudah rawan 20 tahun usianya yang rentan mengalami kebocoran, dan akan memakai air yang ramah lingkungan dari kaporit menjadi sodium hipoklorit,” Tuturnya.

Entis juga menambahkan akan dilakukan subsidi silang. Maka akan disosialisasikan kepada masyarakat, bagi yang tidak mampu bisa menunjukkan surat kurang mampu dari keluarahan. Akan didata kembali masyarakat yang mampu maupun yang tidak mampu nantinya.

“Yang akan kami naikkan yaitu golongan ekonomi menengah keatas yaitu niaga yaitu ruko dan untuk kategiri khusus yaitu, pelabuhan juga instansi pemerintahan, dinas pemerintah. sedangkan yang rumah tangga sederhana maupun sosial seperti sekolah, gereja mesjid pantia asuhan tidak akan dinaikkan rata rata kenaikan yaitu kami naikan 26 % sampai 60 %”. Ujarnya

Entis berharap dengan upaya ini bisa meningkatkan pelayanan operasional kepada masyarakat juga dirasa tidak memberatkan masyrakat dengan dukungan Komisi C DPRD kota jayapura untuk pelayanan Air minum PDAM lebih baik lagi. Penyesuaian tarif ini akan dilaksanakan kepada masyarakat dengan sosialisasi selama sebulan sebelum bulan oktober.
(Stela)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here