JAYAWIJAYA, Reportasepapua.com – Ditengah mewabahnya Pandemi Covid-19, tidak mengurangi rasa kepedulian Bupati Kabupaten Jayawijaya untuk terus memberikan perhatian kepada pedagang asli Papua.

Bentuk perhatian yang diberikan oleh Bupati Jayawijaya ialah dengan menyalurkan bantuan dana peningkatan usaha kepada pedagang ikan khusus Orang Asli Papua (OAP) yang ada di Kabupaten Jayawijaya.

Penyerahan bantuan tersebut diberikan langsung oleh Kepala Dinas Perindag Kabupaten Jayawijaya, Lukas Kosay, Jumat (29/5/2020) yang mewakili Bupati Kabupaten Jayawijaya, Jhon Richard Banua, SE.M.Si.
Kepala Dinas Tenaga Kerja Perindustrian dan Perdagangan (Disnakerindag) Kabupaten Jayawijaya, Lukas Kosay mengakui, Bantuan dana peningkatan usaha kepada pedagang ikan khusus orang asli Papua, merupakan salah satu program dan perhatian Bupati Kabupaten Jayawijaya.

Diakui Lukas, batuan tersebut disalurkan kepada 21 pedagang ikan khusus orang asli Papua, yang selama ini berjualan di pasar Potikelek di Jibama Wamena. “Yang masuk dalam pembinaan dinas ada 21 pedagang ikan yang orang asli Papua,” TegasLukas.

Menurut Lukas, yang berhak menerima bantuan ialah meraka yang benar-benar rajin dan selama ini berjualan di Dalam pasar, sedangkan untuk yang selama ini berjualan di luar dari Pasar, tidak termasuk dalam kelompok penerima bantuan. Lukas mengakui, dari 21 Pedagang Ikan Asli Papua, setiap pedagang mendapatkan dana peningkatan usaha sebesar 7.5 juta dari 100 juta lebih dana yang disiapkan pemerintah Jayawijaya.
Selain itu, pemerintah Jayawijaya juga telah menyiapkan mesin esbatu dan akan membangun gudang penyimpanan serta pengadaan listrik bagi pedagang ikan asli Papua.

Untuk pengawasan, Lukas mengakui, selama ini Dinas Perindagkop terus memberikan pembinaan dan pengawasan khusus kepada pedagang asli Papua. Setelah menerima bantuan itu, Lukas berharap kepada setiap pedagang ikan asli Papua untuk terus mengembangkan usahanya, agar dapat bersaing dengan teman-teman pedagang yang berasal dari luar Papua.

Sementara itu, Akius Wantik, selalu koordinator pedagang Ikan Asli Papua menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah dalam hal ini Bupati yang telah memberikan perhatian penuh kepada anak-anak asli Papua.
Diakui, selaku koordinator akan tetap mengawasi pedagang ikan khusus OAP lainnya, dengan memberikan dukungan dan motivasi untuk tetap mengembangkan usaha. Dirinya meminta, pemerintah juga harus membantu pedagang Ikan OAP dalam hal mengawasi setiap penjual ikan jalanan atau dirumah-rumah yang selama ini tidak berjualan dipasar.(Yanti)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here