Pemasangan Tapping Box Disambut Baik Para Pengusaha

0
Staf IT Bank Papua saat memberitahukan cara penggunaan Tapping Box kepada salah satu pengusaha rumah makan di Kota Sentani.

SENTANI, Reportasepapua.com – Badan Pengelola Pendapatan Daerah (Banpenda) Kabupaten Jayapura dan Bank Papua Cabang Sentani bekerja sama untuk menyediakan alat monitoring transaksi usaha (tapping box) untuk mengoptimalkan pendapatan asli daerah (PAD).

Kedua lembaga tersebut terjun langsung ke lapangan untuk mensosialisasikan dan memasangkan alat tersebut di sejumlah rumah makan dan restoran yang ada di Kota Sentani, Rabu (25/09)

Kepala Bapenda Kabupaten Jayapura, Theopilus Hendrik Tegay melalui Kepala Bidang (Kabid) Pajak dan Retribusi Daerah, Jimmy Yoku mengatakan, kegiatan ini merupakan tindak lanjut kerja sama Pemkab Jayapura, khususnya Bapenda dan Bank Papua untuk mengoptimalisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Tapping Box yang kami pasang diharapkan dapat mengontrol dan mengawasi transaksi para pengusaha terkait penerimaan pajak daerah” kata Jimmy.

Ia menjelaskan, sosialisasi langsung kepada para pengusaha ini dilakukan untuk menggali potensi pajak daerah melalui data yang tepat dan benar dan tidak lagi melalui asumsi.

Dia juga mengungkapkan bahwa pajak adalah kewajiban bagi semua warga negara.

Jimmy kembali mengatakan pajak restoran misalnya, merupakan titipan dari pelanggan restoran yang harus disetor ke negara.

Dana dari pajak tersebut akan digunakan untuk kepentingan masyarakat Kabupaten Jayapura, seperti perbaikan jalan, infrastruktur, dan fasilitas umum lainnya.

Bernioman Timang salah satu pengusaha yang ditemui wartawan usai sosialisasi dan pemasangan alat Tapping Box di tempat usahanya mengatakan, dengan adanya alat tersebut dirinya sangat terbantu.

“Karena sebelumnya kan kita kalau mau melaporkan pajak harus naik ke Gunung Merah dulu dan melaporkan pajak kita, tapi dengan adanya alat ini kota sudah tidak perlu lagi bulak- balik ke Gunung Merah untuk melaporkan pajak” katanya.

Ia juga berharap kedepan Pemerintah Kabupaten dana memberikan reward kepada para pengusaha yang taat bayar pajak. (Yurie)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here