WAMENA, Reportasepapua.com – Pemerintah Daerah Kabupaten Jayawijaya membangun Pos Pengawasan Orang di Distrik Usilimo Kabupaten Jayawijaya. Bupati Jayawijaya Jhon Richard Banua SE M.Si usai kunjungannya bersama Kapolres Jayawijaya AKBP Dominggus Rumaropen, Dandim 1702 Jayawijaya Letkol Inf Candra Dianto, yang diwakili oleh Kasdim 1702 Jayawijaya Mayor Inf Justik Hadinanta Tanjung menjelaskan, pembangunan pos pengawasan di Distrik Usilimo, tentunya untuk mencegah dan mengantisipasi penyebaran Virus Covid-19 masuk ke wilayah Kabupaten Jayawijaya.

“Besok juga kami sudah bangun Pos pengawasan orang di Distrik Usilimo,” ungkap Bupati Kabupaten Jayawijaya, Selasa (7/4/2020) di Wamena.
Menurut Bupati, Pemerintah Jayawijaya lebih fokus melakukan pemantauan dan pengawasan jalur masuk orang yang berasal dari Jayapura melalui Yalimo, sedangkan untuk Tolikara, Lanny Jaya, dan Nduga tidak ada akses langsung dari Jayapura,” Kata Bupati Pada Wartawan.

Bupati Banua menambahkan , setelah pembangunan pos tersebut, Pemerintah akan menempatkan aparat gabungan dari TNI dan Polri, serta Satuan Polisi Pamong Praja, serta juga akan ditempatkan tenaga kesehatan, untuk memantau kesehatan setiap orang yang masuk ke Jayawijaya.
Selain itu, masyarakat lokal yang ada di Distrik Usilimo akan diikutsertakan, untuk menjaga Jayawijaya tetap aman dari Covid-19.
Untuk batas waktu pengaktifan pos pengawasan, lanjut Jhon Banua, ini nantinya akan disesuaikan dengan perkembangan status kota Jayapura.

Sementara itu, Kapolres Jayawijaya AKBP. Dominggus Rumaropen, sangat mendukung upaya yang dilakukan Pemerintah Daerah Kabupaten Jayawijaya, dalam hal ini Bupati Jayawijaya. Menurut Kapolres, Kepolisian akan bersinergi dengan TNI dan Satpol PP, untuk menempatkan aparat di pos pengawasan Distrik Usilimo. Kapolres Rumaropen menambahkan, ini bertujuan agar Kabupaten Jayawijaya, dan wilayah Lapago tetap aman dan bersih dari Virus Covid-19. (yanti)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here