Pemda Teluk Wondama Membantu Bayi Penderita Hidrosefalus yang dirujuk Ke Jakarta

0
5

WONDAMA, REPORTASEPAPUA.COM – Seorang Bayi Berusia 1 tahun 8 bulan menderita penyakit hidrosefalus. dimana Bayi yang bernama De Santos Runaki yang beralamatkan di Wasior kabupaten teluk Wondama Provinsi Papua Barat itu awalnya lahir dalam kondisi normal di RSUD manggurai Wondama pada 18 Januari 2018.

Selang 1 bulan kemudian pasca kelahiran De Santos Runaki mengalami demam panas tinggi hingga kejang dan langsung di bawa orang tuanya ke RSUD manggurai untuk mendapatkan pertolongan medis, 2 minggu lamanya mendapat perawatan medis akhirnya De Santos di bawa pulang orang tuanya karena sudah sembuh, namun 3 bulan kemudian sakit yang sama pula diderita De Santos dan pada saat usia 3 bulan itulah kepala De Santos Mulai Terlihat tak Normal lagi alias membesar dari yang biasanya.

Merasa ada kejanggalan atas kondisi De Santos akhirnya orang tua bayi ibu muda kelahiran 1995 Agnes Runaki ingin agar anaknya disembuhkan. Dan akhirnya membawa kembali ke RSUD Manggurai untuk mendapat perawatan medis dari situlah terungkap De Santos menderita penyakit hidrosefalus yang diketahui ada penyumbatan cairan yang menumpuk di dalam kepala dan membutuhkan pengobatan yang intensif tetapi juga biaya yang bukan sedikit.

Sebagai orang tua menginginkan kesembuhan dari anaknya itu Agnes pun mengajukan bantuan pengobatan kapada pemerintah daerah Wondama pada tahun 2018 lalu ketika De Santos berusia 3 bulan.

Pemda Wondama juga telah mengucurkan bantuan pengobatan pada bayi itu dan keluarga membawa bayi itu ke Jayapura Provinsi Papua untuk berobat. Namun sayangnya pengobatan tidak maksimal akibat bantuan dana yang diberikan kurang memadai, akhirnya dengan terpaksa keluarga membawa pulang De Santos.

Dengan tubuh terkapar tak berdaya De Santos di rawat dirumah orang tuanya sepulang dari Jayapura. Dia tak bisa merasakan masa kanak-kanak diusia normalnya yang seharusnya setelah sekian lama berdiam diri dan berharap keajaiban Sang Pencipta Langit dan Bumi ini akhirnya De Santos mendapat bantuan lagi dari pemerintah dan para pemerhati untuk melakukan pengobatan secara intensif.

Agnes mengaku sepulang dari Jayapura dia hanya berhara keajaiban Tuhan atas anaknya itu, tat kala tak ada yang mustahil bantuan pun datang berawal dari pemerintah daearah mengetahui kalau bayi tersebut ternyata belum berobat secara baik di Jayapura, melihat kondisi tu pemerintah daerah teluk Wondama memberikan biaya bantuan serta akomodasi pengobatan kapada orang tua dan bayi tersebut.

Situasi inipun menarik simpati para pemilik hati malaikat untuk mengulurkan tangan membatu pengobatan De Santos. Kini Desantos sudah dibawa ke Rumah Sakit Gatot Subroto Jakarta dan sementara menjalani pengobatan intensif disana.

“setelah pengobatan pertama memang keluarga tidak sampaikan kepada kita kalau ternyata belum selsai berobat, tetapi juga waktu itu pendanaan mungkin masih kurang memadai oleh sebab itu saat ini kita berupaya penuh bayi itu harus disembuhkan, segala akomodasi biaya perawtan dan transportasi sudah kami uruskan sampai tiba di Jakarta dan kami minta RS terbaik di Jakarta yakni RS Gatot Subroto, selaku pemerintah kami juga berterima kasih atas dukungan para simpatisan dan sudah meringankan beban keluarga ini, dan juga tanggungjawab kami sebagai pemerintah, hal tersebut sudah harus kami lakukan dan ambil tindakan”ungkap Sekertaris daerah kabupaten teluk Wondama Denny Simbar, ketika di temui  Wartawan di RSUD Manggurai saat De Santos hendak dibawa kepelabuhan kapal dan selanjutnya ke Jakarta, Senin, (7/10).

Agnes sangat mengucap syukur atas apa yang telah terjadi kiranya seluruh kebaikan pemerintah dan juga para Pemerhati di Berkati Tuhan.

“saya sangat bersyukur dan berterima kasih kepada Tuhan juga kepada Pemerintah daerah dan juga orang-orang yang sudah membantu saya untuk biaya anak saya saya tidak dapat membalas semua ini dan biar Tuhan yang balas,” kata Agnes.

Sejak Foto bayi De Santos Viral di berbagai media sosial, bayi ini mendapat perhatian public. Simpati kepada bayi tersebut akhirnya mengalir dari berbagai pihak luar termasuk di kota wasior sejumlah organisasi dan pemerhati pribadi melakukan penggalangan dana untuk biaya pengobatan bayi De Santos. Informasi yang dihimpun media ini De Santos saat ini sedang menjalani perawatan medis di RS Gatot Subroto . (Solfi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here