Pemkab Biak Numfor Harap Peningkatan Kapasitas Aparat Kampung Terakomodir APBK

0
82

BIAK,REPORTASEPAPUA.COM – Pemerintah daerah Melalui Bagian Pemerintahan Setda Biak Numfor dan Badan Pemberdayaan Masyarakat Kampung (BPMK), melakukan pertemuan bersama 230 kepala Kampung di Biak, membahas upaya peningkatan kapasitas Kepala kampung dalam pengelolaan Alokasi Dana Desa (ADD).

Dalam pertemuan tersebut Kepala Bagian Pemerintahan Setda Biak Numfor. Drs. Yudi Wanma berharap, pada perencanaan anggaran kampung, Pemerintah kampung dan masyarakat dapat mengalokasikan anggaran untuk peningkatan kapasitas Aparat kampung melalui APBK (Anggaran pendapatan dan belanja kampung), guna mengikuti Bimbingan teknis (BIMTEK) Administrasi pengelolaan keuangan desa dan BUMDES (Badan usaha milik desa).

“Pemerintah memberi perhatian serius dalam mendorong percepatan pembangunan kampung agar swadaya dan mandiri. Hal ini tentu harus ditopang oleh kemampuan dan kapasitas yang cukup pada tataran Pemerintah kampung. Melihat kondisi hampir sebagian besar kepala kampung kita di Biak Numfor belum, pernah mendapatkan Bimtek pengelolaan ADD, maka kami harap ini dapat ditunjang juga oleh dana yang ada di tiap-tiap kampung, sehingga akan memproteksi Aparat kampung dan dana kampung itu sendiri dalam pengelolaannya,” jelasnya ketika di temui reportasepapua.com.

Dalam pertemuan tersebut, terungkap sejumlah 28 kampung pada 3 Distrik di pulau Numfor telah mengikuti Bimtek dimaksud pada bulan juli lalu, disusul 30 kampung pada Distrik Samofa, Distrik Oridek dan Distrik Aimando yang akan mengikuti Bimtek pada akhir tahun 2018.

Menurut rencana 195 kepala kampung akan diikut sertakan secara bertahap dalam Bimbingan Teknis Administrasi pengelolaan keuangan desa dan BUMDES di jakarta, yang dilaksanakan Lembaga pengembangan manajemen Pemerintahan, Dirjen Politik dan Pemerintahan umum Kemendagri. (jefri)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here