Pemkab Jayapura Berencana Buka Jalan Baru

0
224
Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Jayapura, Terry F. Ayomi

SENTANI, Reportasepapua.com – Pemerintah Kabupaten  Jayapura berencana akan menambah ruas jalan di Kota Sentani dan sekitarnya. Hal ini disebutkan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Jayapura, Terry F. Ayomi yang ditemui wartawan di VIP Room, Kantor Bupati Jayapura, Selasa (18/12/2018).

Dikatakannya, rencana penambahan ruas jalan ini akan di bantu oleh Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) X dan Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Papua.

Penambahan ruas jalan ini menurut Ayomi merupakan salah satu program dari Pemerintah Daerah Kabupaten Jayapura untuk menyuskseskan pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX yang akan dilaksanakan pada tahun 2020 mendatang.

“Jadi dalam pertemuan tadi, itu kita mau singkronkan ruas jalan mana saja yang akan dikerjakan oleh Balai Jalan dan PU Provinsi sedangkan kami, PU kabupaten Jayapura tugasnya adalah membebaskan lahannya” kata Ayomi.

Diungkapkannya untuk melakukan proses pembebasan lahan Dinas PU Kabupaten Jayapura tidak akan bekerja sendiri melainkan juga di bantu oleh Bappeda juga Dinas Pertanahan.

“Jadi kita sudah mengusulukan kepada tim percepatan PON itu, ruas jalan yang akan kita tambah itu dari Telaga Ria – Dapur Papua. Terus dari Nendali – Komba di belakang Bandara Sentani” ungkapnya.

Dijelaskannya dengan pembukaan ruas jalan ini otomatis kemacetan yang ada di Kota Sentani dan sekitarnya dapat diatasi, sehingga tidak menyulitkan para atlet PON XX nantinya.

Dirinya juga mengharapkan agar koordinasi ini dapat dilaksanakan secepatnya, mengingat selain untuk PON pembukaan ruas jalan baru ini terbilang cukup penting juga untuk kepentingan masyarakat Kabupaten Jayapura.

Dintanyai anggaran, Ayomi mengaku bahwa dalam pertemuan tersebut pihaknya belum mebicarakan hal tersebut. “Kita belum bicara anggaran tapi tadi itu kita baru bicara soal pembagian tugas, jadi kami di kabupaten lebih fukos untuk pembebasan lahan” jawabnya.

Ditambahkannya, selain menyusun rencana pembukaan ruas jalan baru, dalam pertemuan tersebut pihaknya juga sempat membahas soal penerangan jalan poros, perbaikan drainase dan trotoar.

“Itu juga kami bahas karena ini adalah ruasnya Balai dan jadi satu topic juga yang kami bicara, karena selama inikan banyak genangan-genangan air dan itu memang harus segera diperbaiki” tandas Ayomi. (yurie)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here