Pemkab Mansel dan PT. Dragon Land Tandatangan MoU Pembangunan PLTG

Ransiki, Reportasepapua.com – Pemerintahan Daerah (Pemda) Kabupaten Manokwari Selatan (Mansel), resmi melakukan penandatanganan nota kesepakatan kerja sama pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG) bersama pihak persuahaan ternama asal Korea Selatan PT. Dragon Land. 

Penadatangan tersebut dilakukan oleh Bupati Mansel, Markus Waran dan Chairman PT. Dragon Land,  Mr. Lim Young, yang berlangsung di halaman Puskesmas Momi Waren yang baru sela-sela kegiatan peresmian bangunan baru puskesmas Momi Waren oleh Bupati Waran, Selasa (20/8).

Markus Waran mengatakan bahwa rencana kerja sama tersebut sebagai bentuk dukungan dua pihak (Pemda dan PT Dragon Land) dalam mensukseskan target Presiden Joko Widodo agar Papua Terang secara keseluruhan pada tahun 2020.

Waran juga mengatakan setelah dilakukan penandatangan kerja sama tersebut, akan dilakukan pembangunan pembangkit listrik (power plan) di dekat pelabuhan di Distrik Oransbari.

“Setelah mereka bangun jadi, lastrik yang dari sini pake tenaga gas akan dialirkan bukan saja untuk wilayah Mansel tapi juga untuk kabupaten tetangga kita di Pegunungan Arfak, Kabupaten Teluk Bintuni, dan Teluk Wondama,”kata Waran.

Waran juga menambahkan PT. Dragon Land, dalam pengoperasian PLTG akan menggunakan potensi di Papua Barat khususnya gas asal Kabupaten Teluk Bintuni sebagai bahan dasar pembangkit listri.

“Mereka juga akan lakukan kerja sama dengan Pemda Bintuni dan Perusahan Gas di Bintuni untuk penggunaan gas,”kata Waran.

Usai lakukan penandatangan bersama, baik itu Bupati Waran maupun Mr. Lim Young kompak mengjak para kuli tinta yang sedang melakukan tugas peliputan untuk mempublikasikan kerja sama tersebut kepada kahlayak umum di Papua Barat dan khususnya masyarakat Mansel sebagai kabar gembira.

“Mulai hari ini semua keluarin (diberitakan),”singkat Mr. Lim Young.

Pernyataan tersebut lalu disambut Bupati Markus Waran, “Media, media, hari ini kasi keluar sudah, sudah dengar stetmen dari Mr. Lim Young. Jadi selama ini kita bilang bikin listrik Papua Terang Indonesia Terang. Terima Kasih ada investor yang mempunyai niat baik mau bekerja sama dengan pemerintahan, untuk lahan sudah siap (seluas 25 hektar),”kata Bupati Waran.

Sebelumnya pada Senin (19/8), Chairman PT. Dragon Land,  Mr. Lim Young saat melakukan tinjauan langsung lokasi PLTG di Oransbari kepada wartawan menargetkan pihaknya akan lakukan pembangunan pembangit listrik tenaga gas di Oransbari akan dilakukan paling lambat taun 2020.

“Memang sekarang Mansel dan beberapa daerah disini sedang kekurangan listrik. Tapi dimanapun kalau daerah kembang itu nomor satu dibutuhkan adalah infrstruktur listrik. Jadi kita nomor satu harus disipkan dulu kistrik, Nah kami masuk kesini untuk masuk pembangkit listrik agar suplai listrik kepada beberapa daerah selain Mansel,”kata Lim Young.

“Saat ini kita mulai jajak kerja sama mungkin tahun depan kita mulai pembangunan, tahun 2020 sudah bangun. Kami butuhkan 25 hekat lahan untuk pembangkit. Jadi kita kesini (Mansel) mau kita bangun listrik dulu, baru ada (inves) potensi lainnya,”kata Lim Young. (yurie)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

21,944FansSuka
2,758PengikutMengikuti
17,700PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles