Pemkab Tolikara Beri Dana Hibah Pada 5 Parpol dan 1 Lembaga Pendidikan 

0
156
Bupati Tolikara, Usman Wanimbo Ketika Menyerahkan Bantuan Hibah. (foto :tiara/reportasepapua.com)

KARUBAGA,reportasepapua.com – Bupati Tolikara Usman G.Wanimbo,SE,M.Si melakukan Penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah NPH antara Pemkab Tolikara dengan lima Partai Politik dan 1 lembaga swasta pendidikan yang adi Kabupaten Tolikara.

Penandatangan naskah tersebut disaksikan Ketua DPRD Tolikara, Ikiles Kogoya, Asisten I Sekda Tolikara, Adi Wibowo, SH serta sejumlah pimpinan OPD yang berlangsung di Aula Sekretariat Dewan Kabupatem Tolikara, baru-baru ini.

Sebenarnya, naskah hibah perjanjian ini harus dilakukan oleh 10 Partai politik, karena sesuai aturan yang berhak menandatangani naskah hibah ini hanya bagi partai yang memiliki kursi di DPRD Tolikara.

Lima pimpinan partai politik yang hadir menandatangani naskah hibah itu diantaranya Partai Gerindra, PPP,  PKPI, Demokrat, PKS. Sementara lima partai lainnya yang belum menandatangani naskah hibah karena berhalangan hadir. Tapi akan dilakukan penandatangan menyusul.

Bupati Usman G.Wanimbo, SE,M.Si menjelaskan, bantuan hibah diberikan kepada Partai Politik yang sudah memiliki kursi di DPRD Tolikara untuk melakukan pembinaan – pembinaan bagi kader Partai. Pembinaan kader partai itu diantaranya peningkatan Sumber Daya Manusia, pengembangan partai, dan pengembangan serupa lainnya.

Sebab lanjut Bupati Usman, anggota legislatif ini sebagai penyeimbang pembangunan dengan eksekutif, sehingga peningkatan sumber daya manusia patut diberikan perhatian penuh dari pemerintah.

“Besaran dana hibah diberikan sesuai dengan jumlah kursi yang ada dari masing – masing partai, sehingga partai yang memiliki jumlah kursi lebih diberikan dana lebih besar. Misalnya saja partai Demokrat memiliki kursi 3 kursi sehingga dari persentase 3 kursi itu menerima dana hibah lebih dari Rp. 42 juta,” jelas Bupati Usman Wanimbo.

Sementara bantuan dana hibah untuk lembaga pendidikan menurut Bupati Usman, bantuan hibah itu diberikan untuk pengembangan dan peningkatan mutuh pendidikan melalui lembaga pendidikan di beberapa lembaga pendidikan swasta yang tersebar di seluruh Tolikara.

“Sudah sejak periode pertama hingga periode kedua ini, kami memberikan bantuan hibah kepada lembaga pendidikan seperti yayasan pendidikan YPPGY, sekolah Papua Harapan, sekolah op Angen, sekolah Maranatha dan lainnya,” Ucapnya.

Selain itu kata Usman, lembaga semi pemerintahan juga diberikan perhatian penuh dengan memberikan bantuan dana seperti lembanga Komisi Penanggulangan HIV/AIDS, KNPI, KONI Tolikara, dan Gereja Injili di Indonesia (GIDI) dan Musolah.

Tujuan diberikannya dana hibah kepada semua lembaga sosial,lembaga kemanusiaan,dan lembaga keagamaan untuk mengembangkan pelayanannya sesuai dengan Visi dan Misi sehingga apa yang kurang dapat perhatian dari pemerintah.

“Tentunya  diperhatikan lewat lembaga- lembaga ini,” ungkapnya.

Namun, Bupati Usman memberikan apresiasi kepada lembaga – lembaga semi pemerintahan ini yang telah memberikan kontribusi yang sangat luar biasa. Karena hingga saat ini pelayanan sosial, serta kemanusiaan dari lembaga ini sudah dirasakan masyarakat luas.

“Kami akan memberikan reward khusus bagi lembaga-lembaga semi pemerintahan ini. Jadi pada hari-hari besar nasioanl kami akan memberikan reward atau hadiah,” tuturnya.

Bupati Usman menambahkan, kami pemerintah akan memberikan sport kepada semua lembaga ini dalam bentuk penganggaran.

“Karena itu diharapkan kepada semua lembaga ini harus fokus melayani sesuai dengan visi dan misi masing – masing lembaga,” tandas Usman Wanimbo.(tiara)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here