JAYAPURA, REPORTASEPAPUA.COM – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua Berharap Dinas Kesehatan (Dinkes) dapat meningkatkan pelayanan Kesehatan di Papua.

Dijelaskan bahwa rapat kerja ini diharapkan dapat terus meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) sehingga dapat memberikan dampak positif bagi perkembangan sumber daya manusia orang asli Bumi Cenderawasih (OAP).

Ia juga Mengatakan bahwa untuk dapat mencapai tujuan tersebut, diharapkan dinas kesehatan di kabupaten dan kota dapat mengerahkan seluruh potensi yang ada.

“Meskipun IPM Papua sudah meningkat dari 2017 ke 2018 yakni sebesar 1,64 persen namun diharapkan akan terus naik,” katanya.

Menurut Elysa, Pemprov Papua sudah memberikan perhatian khusus terhadap kesehatan yakni dengan sistem pengalokasi dana Otonomi Khusus (Otsus) sebesar 80:20 di mana di dalamnya terdapat bagian bagi bidang kesehatan.

“Sehingga melalui rapat kerja kesehatan daerah ini diharapkan ada evaluasi mengenai pelayanan bagi masyarakat yang membutuhkan termasuk pengawasan dalam penggunaan dana Otsus bidang kesehatan tersebut,” Tutupnya. (berti)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here