Pemprov Papua diminta aktif dalam awasi Dana Desa

0

Jayapura,- Pemerintah Provinsi Papua diminta mengawasi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Papua untuk menggunakan Dana Desa dengan sebaik mungkin.

Hal ini disampaikan Bina Administrasi Kewilayahan, Mentri Dalam Negeri (Mendagri) , Eko Subowo kepada wartawan saat menghadiri kegiatan Pembinaan dan Pengawasan Pengelolaan Dana Desa Tahun 2020 mewakili Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian. Selasa 25/02/20.

” Untuk memperkuat pertahanan ekonomi di level, desa, kampung, Distrik maka penyerapan dana tersebut harus di percepatan untuk program – program yang sifatnya, ” imbuh nya

Dengan demikian infrastruktur, kegiatan perekonomian, bisa dilaksanakan dengan cepat disamping itu bisa memperkuat daya tahan ekonomi di desa.
Tetapi Dalam Hal Ini penyerapan harus cepat dan peredaran uang harus bagus,

namun akuntabilitasnya dan dalam pengelolaannya tetap harus hati2, dengan ketentuan yang berlaku.
Ingat dana desa banyak yang mengawasi
penguna termasuk media juga, masyarakat, jadi harus digunakan sesuai dengan arahan – arahan, sesuai dengan Musyawarah kan ada perwakilan Badan Perwakilan Desa/kampung, sesuai dengan aspirasi masyarakat di kampung.

Pengawas lebih dalam. Kita lakikan apalagi ini sistem baru, sehingga harus lebih terampil lagi, yang penting tidak ada niat yang buruk atau penyelagunaan,

Melihat masus tadi pengawasan di Provinsi dan kabupaten, dari APIP, pengawasan internal dari pemerintah kabupaten, yang melaksanakan,
Untuk APIP ada ketentuan dan aturan dari Kemendagri, agar supaya ada minimal jumlah yang harus dialokasikan belanja daerah , ada persentase2 tertentu yang lebih besar jumlahnya dan dialokasikan kepada APIP, disamping itu kita akan perdayakan camat atau pengawai distrik, karena rentang pengawasnya lebih mudah. (Berti)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here