Penting!!! Kesejahteraan Hewan Juga Perlu Diperhatikan

0
Ketua PDHI, Drh Muhammad Munawaroh, saat memberikan sambutan usai melantik pengurus (PDHI) Provinsi Papua yang dilaksanakan di Hotel Grand Allison Sentani, Selasa (8/5) sore. Foto : Yurie

SENTANI, Reportasepapua.com – Kesejahteraan rupanya bukan hanya menjadi hak manusia saja, tetapi juga menjadi hak bagi hewan. Hal ini diungkapkan oleh Ketua Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI), Drh Muhammad Munawaroh.

Munawaroh menjelaskan, kesejahteraan hewan adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan hewan, baik itu secara fisik maupun mental. Dia juga menegaskan bahwa perilaku alami hewan juga sangat perlu diterapkan dan ditegakkan.

Hal ini dikatakannya dengan tujuan agar dapat melindungi hewan dari perlakuan yang tidak layak serta dapat dimanfaatkan oleh manusia dalam berbagai kepentingan, baik sebagai hewan piaraan ataupun yang akan dikonsumsi.

“Kalau saudara-saudara yang adalah dokter hewan melihat ayam yang dibawa dalam jumlah banyak lalu diikat kakinya dan kepalanya menghadap kebawah, saudara-saudara harus menegur yang membawa ayam itu, karena kesejahteraan hewan juga harus diperhatikan” katanya saat memberikan sambutan usai melantik pengurus (PDHI) Provinsi Papua yang dilaksanakan di Hotel Grand Allison Sentani, Selasa (8/5) sore.

Selain itu, dirinya juga menuturkan bahwa pentingnya memperhatikan kesejahteraan hewan adalah untuk mengantisipasi hal-hal yang bisa saja menimbulkan masalah, seperti adanya penyebaran virus penyakit dari hewan yang juga akan berdampak pada manusia ataupun hal lain yang bisa saja menjadi masalah.

“Himbauan ini sebenarnya bukan hanya untuk dokter hewan saja sebenarnya tetapi juga untuk para peternak ataupun pemilik hewan piaraan, supaya dapat memperhatikan hal ini, memang sepele tapi ini penting” tukasnya.

Oleh sebab itu dia meminta kepada para dokterk hewan yang ada di Papua maupun para peternak agar bisa memperhatikan hal ini.

“Untuk peternak ya, kalau bisa kandang ternaknya juga harus bersih, karena kalau bersih, ternaknya juga akan sehat dan dapat memberikan keuntungan yang besar dan kalau bisa setiap ternaknya itu diberikan vaksin agar terhindar dari berbagai penyakit yang bisa merugikan peternak itu sendiri” tutupnya. (yurie)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here