Penyaluran Dandes Tahun 2020 Langsung ke Rekening Kampung

KEEROM, Reportasepapua.com – Bupati Keerom Muh. Markum, mengatakan, berdasarkan peraturan menteri keuangan RI tentang pengelolaan dana desa (Dandes) penyalurannya pada Tahun Anggaran 2020 akan dilakukan secara langsung dari rekening kas umum Negara ke rekening kas Kampung (DESA).

Dalam penyaluran dana desa (DD) Tahun Anggaran 2020 juga mengalami perubahan yaitu, pencairan tahap pertama 40 persen, tahap dua 40 persen dan tahap tiga 20 persen.

Hal itu diungkapkan Bupati Keerom MUH Markum pada Sosialisasi Peraturan Bupati dan Petunjuk Teknis (Juknis) Dana Desa dan Alokasi Dana Desa (ADD) kepada Kepala Kampung, Aparatur Kampung serta Badan Musyawarah Kampung (Bamuskam) Tahun Anggaran 2020 di Gedung Pramuks Swakarsa, Selasa (17/3).

“ Tahun 2019 lalu, penyaluran dana desa (DD) dari Pusat ke rekening Kas daerah, lalu ke rekening kas kampung (DESA). Tapi di tahun 2020 terjadi perubahan, dari Kas Pusat langsung ke rekening kas Kampung (DESA). Sedangkan penyalurannya tetap di tiga tahap, tapi ada perubahan dulunya tahap pertama 20 persen, tahap dua 40 persen dan tahap tiga 40 persen. Tapi tahun 2020 tahap pertama 40 persen, tahap dua 40 persen dan tahap tiga 20 persen,”beber Markum.

Agar penggunaan dana desa maupun alokasi dana desa Tahun Anggaran 2020 harus tetap sasaran dan dirasakan oleh masyarakat di kampung- kampung, mulai dari perencanaan, penggaran, pembangunan serta pembukuan harus dilakukan. “ setiap program dan kegiatan di kampung harus transparansi kepada semua pihak dan melaksanakan dengan sebaik- baiknya. Selain itu, kampung harus memahami system keuagan dengan baik sesuia dengan peraturan yang ada, terutama dalam melaksanakan program kegiatan harus sesuia Anggaran Pendapatan Belanja Kampung (APBK),”jelasnya.

Markum menambahkan, dalam penggunaan dana kampung di Kabupaten Keerom telah membaik, baik itu perencanaan, pelaksanaan serta pelaporannya sangat baik dan berharap dana desa maupun alokasi dana desa dapat dipergunakan dengan sebaik- baiknya dan dipertanggung jawabkan. (Rhy)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

21,718FansSuka
2,738PengikutMengikuti
17,500PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles