MAPPI, REPORTASEPAPUA.COM – Peringatan Detik detik proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia ke 74 di kabupaten mappi berlangsung khidmat dan penuh semangat walaupun dengan cuaca kurang bersahabat tidak mengurangi semangat para peserta upacara dan pasukan pengibar bendera merah putih menjalankan tugas kenegaraan dengan baik.

Upacara dilaksanakan di lapangan krida kota kepi hadir pada kesempatan itu semua unsur TNI/POLRI,PNS organisasi perangkat daerah, aparatur kampung, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh perempuan,tokoh pemuda unsur pendidikan SD,SMP,SMU , dan kelompok ibu ibu PKK, Yang bertindak sebagai komandan upacara Kapolsek Edera IPTU.Izak Rumboy, inspektur upacara Bupati Kabupaten Mappi Kristosimus Yohanes Agawemu, penerima bendera merah putih siswi SMK Negeri 1 Obaa Oktoviana Ursula Damina Dimio Agawemu, pengibar bendera Rufinus Muyak SMA Negeri 2 Obaa, Muhammad Rido SMA Negeri 2 Obaa, Andrianus siswa dari SMK Negeri 1 Obaa , komandan pleton pasukan pengibar bendera IPTU.Putu Suta dari Satintelkam Polres Mappi.

Bupati kabupaten Mappi Kristosimus Yohanes Agawemu mengajak semua pemangku kebijakan ogranisasi perangkat daerah pemerintah daerah kabupaten mappi, TNI/POLRI menyatukan seluruh tenaga pikiran untuk membangun mappi dari hari ke hari agar tidak tertinggal dengan kabupaten lain nya di indonesia.

“Menjadikan kabupaten mappi yang unggul sumber daya manusianya yang kreatif inovatif mampu bersaing dengan kabupaten lain,” Ungkap Bupati.

HUT Republik Indonesia ke 74 periode ke 2 masa kepemimpinan bupati Kristosimus Yohanes Agawemu dan Wakil Bupati Jaya Ibnu Su’ud Kabupaten mappi terus berbenah geliat pembangunan sudah mulai terasa mulai dari infrastruktur umum seperti jalan , jembatan, pelabuhan perpanjangan landasan bandar udara mappi dibangun sarana transportasi mulai dibenahi 1 per satu.

“Begitu juga program pendidikan banyak di bangun sarana prasarana pendidikan program Guru mengajar hingga ke kampung-kampung, program peningkatan ekonomi masyarakat kampung sehingga pemberdayaan masyarakat kesejahteraannya dapat meningkat, dan juga program telekomunikasi , Dirgahayu Republik Indonesia Ke 74 mari bergandengan tangan membangun mappi, ” Tutur Bupati Mappi Kristosimus Yohanes Agawemu.

Usai upacara berlangsung dilanjutkan dengan berbagai macam perlombaan rakyat antara lain panjang pinang dengan hadiah yang menarik 1 pohon pinang bupati memberikan hadiah 15 juta rupiah ditambah lagi 5 juta rupiah dari pimpinan bank papua cabang mappi ada sekitar 3 pohon pinang , dilanjutkan lari karung, gigit sendok kelereng, tarik tambang antara SKPD antusias warga masyarakat sangat ramai bergembira dan penuh semangat. (Irwan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here