JAYAPURA, Reportasepapua.com – Menghadapi Pilkada pada 11 kabupaten di Papua tahun 2020, Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Partai Demokrat Provinsi Papua akan menggelar Rapat Pimpinan Daerah (Rapimda) yang akan dilaksanakan selama dua hari di Hotel Horison Jayapura, terhitung sejak 8-9 Februari 2020.

Kepada wartawan, Plh Ketua DPD Demokrat Papua, Ricky Ham Pagawak atau yang disingkat RHP menjelaskan, jika Rapimda Partai Demokrat ini dalam rangka konsolidasi pimpinan daerah di tingkat provinsi maupun di kabupaten/kota yang ada di Papua.

“Selain itu bersama- sama dengan pimpinan di 11 kabupaten yang melaksanakan pilkada tahun 2020 untuk melihat dan mengecek para calon bupati yang sudah mendaftar di Partai Demokrat maupun partai lain. Juga akan dilakukan pertemuan khusus dengan ketua DPC di 11 kabupaten,” kata Ham Pagawak yang juga merupakan Bupati Memberamo Tengah ini kepada sejumlah awak media Jumat (7/2/20).

Terkait dengan kunjungan Wakil Ketua DPP Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Bupati Memberamo Tengah ini pun menjelaskan, bahwa AHY akan melakukan kunjungan di beberapa tempat di bagian Indonesia timur termasuk Papua dalam hal ini Kota Jayapura.

“Kami keluarga besar DPD Demokrat akan menyambutnya besok sekaligus akan menyatakan sikap karena dalam partai ini perlu ada kedernisasi lebih khusus untuk menjadi ketua DPP pusat,” tegas RHP.

Hal senada, Ketua panitia Rapimda, Yeremias Bisai mengatakan, pada acara Rapimda besok nanti secara teknis pihaknya sudah mempersiapkannya.

“Pertama, akan ada penjemputan Wakil ketua DPP, kemudian meninjau stadion Papua Bangkit. Lalu dilanjutkan rapat khusus dengan DPC 11 kabupaten. Setelah itu menggelar Rapimda yang akan berlangsung selama dua hari,”terangnya.

Selain itu tambahnya, AHY juga akan menyempatkan diri mengunjungi beberapa icon yang ada di Jayapura.

“intinya pada Rapimda ini kami Demokrat Papua sedang mamanaskan mesin partai jelang agenda besar di tahun 2020,” tekannya.

Sementara itu, Sekertaris DPD Demokrat Papua , Carolus Kia Kelen Boli menambahkan, jika Rapimda DPD Demokrat Papua ini di selenggarakan untuk kebutuhan menyongsong Kongres partai demokrat dan pilkada tahun 2020. Sehingga di pandang penting untuk menyelenggarakan Rapimda.

“Hasil Rapimda ini kami akan bawa ke pusat untuk persiapan kongres. Artinya Papua ingin mengkonsololidasikan diri untuk persiapan kongres,” jelasnya.

Hanya saja kata Carolus Boli, untuk pelaksanaan kongres ini semua melalui permintaan dari DPC di daerah, sehingga semua harus di percepat, karena seharusnya di gelar di bulan Mei
2020.

Dijelaskan, alasan mengapa kongresnya dipercepat, dikarnakan di bulan Mei itu ada Hari Raya Idul Fitri, sementara di bulan Juni juga sudah masuk Pilkada.

“Jadi waktunya memang sangat mepet. Tapi intinya lewat Rapimda ini, kita akan bahas semua persiapan menjelang kongres,” tandas Carolus Boli. (tiara)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here