PLN: PDKB Mampu Turunkan Pemadaman Listrik Hingga 30 Persen

0
105

JAYAPURA, REPORTASEPAPUA.COM – Pemeliharaan listrik melalui PDKB (Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan) yang dilakukan PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan Jayapura mampu menurunkan pemadaman listrik hingga 25 sampai 30 persen.

Manager UP3 Jayapura, Salmon Kareth menyebutkan, pemeliharan jaringan listrik melalui PDKB telah dilakukan sejak lama. Setiap hari tim PDKB telah melakukan pemeliharaan pada enam hingga tujuh titik.

“Sebenarnya pemeliharaan jaringan listrik dengan PDKB ini sudah lama, tetapi di UP3 Jayapura sekarang sudah ada yang Baru yaitu dengan metode langsung,” kata Salmon Kareth, Rabu (4/12/2019).

Dia memaparkan, pemeliharaan tanpa pemadaman dimaksud, di antaranya penggantian isolator, konduktor maupun komponen lainnya pada jaringan listrik serta pemeliharaan. Sementara untuk perbaikan trafo yang meledak, perbaikan tiang listrik tetap harus melakukan pemadaman.

“Saat melakukan pemeliharaan jaringan listrik masih dalam kondisi nyala. Tiap hari ada tim inspeksi keliling dan akan melaporkan jika ada kerusakan,” terangnya.

Salmon merinci, Daerah kerja PDKB PLN UP3 Jayapura, meliputi Kota Jayapura, Abepura, Sentani, Arso, Genyem dan Sarmi. Hanya saja, wilayah kerja ini baru memiliki satu tim di Jayapura.  Untuk itu, pihaknya akan membuat skala prioritas untuk mendahulukan pemeliharaan.

 “Tujuan dari PDKB ini agar pelanggan tetap bisa menikmati listrik tanpa pemadaman, meskipun sedang dilakukan pemeliharaan atau penggantian peralatan. Setiap pemeliharaan membutuhkan waktu antara 30 menit hingga 1 jam,” sambung Baso, Supervisor PDKB.

Untuk melaksanakan PDKB, pihaknya tetap mengedepankan keselamatan petugas. “Mereka selalu dilengkapi peralatan yang aman, dan harus patuh terhadap SOP, bekerja secara tim dan profesional,”tutupnya. (Ananda)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here