WONDAMA, REPORTASEPAPUA.COM – Setelah Sekian Lama, Akhirnya Pelantikan Pengurus Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Teluk Wondama, berlangsung Rabu,(11/9).

Pembentukan pengurus PMI untuk yang pertama kali di Kabupaten Teluk Wondama ini diikuti langsung Bupati Kabupaten Teluk Wondama Bernadus A Imburi.

Bupati Mengatakan Kita harus bekerja cepat, dan berjiwa besar harus menjadi dasar dalam mengemban tanggungjawab sebagai PMI cabang Kabupaten Teluk Wondama.

Dalam pelantikan pengurus PMI yamg baru pertama kali sejak kabupaten ini ada (2004 hingga 2018) Imburi berharap pelayanan kemanusiaan yang baru di bentuk di Wondama dapat menjamin ketersediaan darah di Wondama aman. Oleh sebab itu Imburi meminta PMI cabang Wondama harus berkoordinasi dengan dinas-dinas terkait tetapi juga dengan pihak TNI Polri juga para tokoh yang ada di Wondama demi kelancaran tugas dan tannggungjawab PMI Wondama.

“Ini merupakan pembentukan pertama PMI di Wondama sejak kabupaten ini berdiri Saya berharap PMI kerja cepat, dan saya juga harap dengan adanya wadah ini PMI, ketersediaan darah di kabupaten Teluk Wondam tetap aman. Kerja sama dengan pihak pihak lain itu penting dengan lembaga-lembaga termasuk Polri TNI tetapi juga dinas Sosial turut laksanakan tugas dari wadah ini, Terutama dinas kesehatan dan BPBD. Koordinasi dengan PMI cabang Wondama sebab tugas ini tanggungjawab kita bersama,” ujar Imburi.

Imburi juga menegaskan kepada pengurus PMI cabang Wondama yang baru di lantik harus kerja dengan senang hati, sepenuh hati dan memiliki rasa tanggungjawab kenanusiaan yang besar meski PMI Wondama saat ini masih minim alat-alat penunjang kerja. “Kalian semua yang di lantik saya harap ini tugas kemanusiaan lakukan dengan penuh rasa tanggungjawab walaupun dengan kondisi yang terbatas namun kita tetap kerja tanpa pamrih demi kebaikan banyak orang,”tutur Imburi.

Wakil Bupati Teluk Wondama Paulus Y Indubri selaku ketua PMI Wondama yang ditunjuk langsung oleh bupati Teluk Wondama,sejak di lantik tadi mengatakan dirinya merasa memikul tanggungjawab besar ketika dilantik sebagai ketua PMI, dirinya juga mengajak agar pengurus PMI yang baru di lantik bekerja keras demi kebaikan banyak orang.

“Saya berharap kedepan dalam kurun waktu satu tahun ini ada tanggungjawab besar, saya secara pribadi dan teman2, kami minta dukungan yang besar kepada seluruh lapisan masyarakat guna menjalankan tugas kemanusiaan ini. Tugas kemanusiaan PMI kita kerja tanpa pamrih, sebab ini merupakan tugas dan tanggungjawab kemanusian.
Sejarah baru bagi saya mengenakan pakaian palang merah saya merasa bertanggungjawab,” kata Indubri.

Sementara sekertaris PMI Provinsi Papua Barat Raimon Magsaisai Rumanasem katakan PMI Wondama perlu persiapkan Sarana dan prasaran Terutama Markas PMI agar PMi dapat bekerja secara konsentrasi demi kepentingan Masyarakat Wondama.

“Perlu di persiapkan markas aktifitas PMI serta segala atribut penunjang kerja PMI. Anggota MPI harus berjiwa Sosial. PMI Wondama harus melakukan pelatihan-pelatihan kepada Relawan PMI guna kelancaran berjalannya PMI di Wondama. Berdedikasi tinggi bertanggungjawab sepenuh hati, dimana ada bencana PMI harus hadir di tengah melayani sesuai tanggungjawab kemanusiaan itu, kata Rumanasem, sembari mengatakan Markas PMI harus ada, Pemakaian lambang PMI harus berdasarkan ijin Panglima TNI dan Kapolri,” tutur Rumanasem. (solfi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here