Polda Papua Bakal Bentuk Kompi Brimob di Wamena

0
133

JAYAPURA, Reportasepapua.com – Dalam waktu dekat ini Polda Papua bakal membentuk satu Kompi Brimob baru yang akan bermarkas di Kota Wamena, Kabupaten Jayawijaya.

Hal ini disampaikan Kapolda Papua, Irjen Pol. Drs. Martuani Sormin, M.Si dalam acara Refleksi Akhir Tahun Kapolda Papua yang dilaksanakan di Aula Rastra Samara Polda Papua, Jumat (28/12/2019).

Pembentukan Kompi Brimob yang baru ini, bertujuan untuk memback up satuan tugas kewilayahan yang ada di daerah Pegunungan Tengah Papua.

“Bukan untuk statis dan penjagaan tetapi untuk back up satuan kewilayahan. Apakah itu di Tolikara, Puncak Jaya, Intan Jaya, Lanny Jaya personil ini siap memback up” ujar Kapolda Papua.

Ada beberapa parameter yang digunakan pihaknya untuk membentuk Kompi Brimob yang baru ini.

Pertama adalah kesediaan dari personil itu sendiri. “Kedua memiliki kemampuan intelegensi yang baik dan yang ketiga adalah secara fisik dia lolos dari tes kesamaptaan jasmani sesuai stardar kami” ungkap Kapolda.

Pusat pelatihannya nanti akan ditempatkan di Kabupaten Lanny Jaya. Karena menurut Kapolda secara geografis Kabupaten Lanny Jaya sangat cocok untuk pembentukan satuan-satuan khusus milik kepolisian karena ketinggiannya sekitar 9000 feed atau 3000 mdpl.

“Dan sungainya sangat dingin, ini cocok buat latihan. Idealnya memang harus saya kirim ke Watukosek, tetapi biaya sekolahnya tinggi dan kami paling dipanggil hanya 10 – 15 orang saja untuk mengikuti pendidikan disana” jelas Kapolda.

“Untuk personilnya sudah saya bentun 100 orang dengan pembiayaan dari DIPA Polda Papua yang diambil dari dana Kontijensi Kapolda. Jadi saya ingatkan kalau ini bukan untuk stay atau pos jaga tapi ini hanya untuk back up satuan-satuan kewilayahan di pegunungan tengah, khususnya yang membutuhkan. Dan ini akan dimulai pada Januari nanti” tandasnya. (yurie)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here