Polda Papua Beberkan Giat Sambut HUT Bhayangkara Ke-74

JAYAPURA, Reportasepapua.com – Kamis (18/6/20) pukul 08.00 Wit, Polda Papua melalui tiga pejabat utamanya membeberkan seputar kegiatan yang digelar menjelang HUT Bhayangkara Ke-74 yang setiap tahun diperingati tanggal 1 Juli.

Pemaparan tersejut dilaksanakan melalui siaran langsung di Pro 1 RRI Jayapura, dalam program siaran dialog interaktif Polisi Menyapa.

Bertempat di Media Center Polda Papua, ketiga narasumber, yakni Dir Lantas Polda Papua Kombes Pol. M. Nasihin, SH, Kabid Dokkes Polda Papua Kombes Pol. Drg. Agustinus Mulyono Hardi dan Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol. Drs. Ahmad Musthofa Kamal SH, melakukan siaran melalui telepon yang dipandu penyiar di Studio RRI Pro 1 Jayapura.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol. Drs. Ahmad Musthofa Kamal SH dalam kesempatannya mengatakan bahwa Kepolisian Negara Republik Indonesia lahir setelah Negara Indonesia Merdeka, sejak tanggal 19 Agustus 1945 dibentuk Badan kepolisian Negara (BKN) oleh Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia, kemudian menempatkan Kepolisian Negara Indonesia dalam lingkungan Mendagri dan pada tanggal 29 September 1945 Presiden Soekarno melantik R.S. Soekanto Tjokrodiatmodjo menjadi Kepala Kepolisian Negara.

Kemudian tanggal 1 Juli 1946 berdasarkan penetapan Pemerintah tahun 1946 No. 11 sampai dengan 25 Juni 1946 Djabatan Kepolisian Negara yang bertanggung jawab kepada perdana menteri, tanggal 1 Juli tersebut pun setiap tahun diperingati sebagai Hari Bhayangkara hingga saat ini.

“Kami selalu memberikan sosialisasi setiap saat kepada masyarakat yang masih kurang peduli dengan adanya wabah covid ini, berbagai upaya telah kami lakukan bersama dengan jajaran TNI, BNPB, POL PP, Pemerintah daerah untuk memberikan pencerahan kepada masyarakat agar memahami bagaimana kita bisa hidup sehat untuk memutus mata rantai yang ada di Papua,” ungkap Kabid Humas.

Segala upaya tahapan tahapan yang sudah dilakukan tim covid dengan pembatasan waktu aktifitas dari Maret tanggal 26 pembatasan aktifitas transportasi laut udara, namun masih ada warga masyarakat yang belum menyadari pada saat melakukan aktifitas sosial dengan menggunakan masker, hand sanitizer sebagai upaya hidup sehat di tengah pandemi covid 19 untuk memutus mata rantai covid 19.

Pada saat ini pelaksanaan kegiatan sosial akan dikurangi dan upacara peringatan HUT Bhayangkara digantikan melalui video coverence melalui media sosial sebagai upaya untuk memutus mata rantai covid 19.

“Kami selalu memberikan petunjuk atau arahan pimpinan kepada seluruh anggota, baik secara langsung maupun dengan memaksimalkan teknologi yang ada saat ini, kami memberikan informasi kepada anggota agar selalu melaksanakan kegiatan kegiatan Kepolisian sesuai dengan prosedur agar dapat memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan baik, professional,” ujar Kabid Humas.

Kabid humas pun menyampaikan terima kasihnya kepada seluruh Masyarakat, Forkopimda Steakholder atas dukungan dan bantuannya dalam rangka menciptakan situasi yang kondusif hingga saat ini dan kedepan.

Dir Lantas Polda Papua Kombes Pol. M. Nasihin, SH dalam kesempatannya mengatakan bahwa dalam mendukung suksesnya peringatan Hari Bhayangkara pihaknya akan melaksanakan bakti sosial dan dilaksanakan secara serentak pada tanggal 26 Juni 2020.

“Inti kegiatannya adalah kita membantu masyarakat dengan membagikan sembako kepada masyarakat yang terdampak pandemi covid 19 saat ini di Papua,” ungkap Kombes Pol. M. Nasihin.

“Kami juga membagikan masker, donor darah, pembagian hand sanitizer, ADP, kemudian kami memberikan SIM gratis, bagi masyarakat yang lahir pada tanggal 1 Juli dan memenuhi syarat untuk membuat SIM agar mendaftarkan diri dengan membawa E KTP dan surat keterangan kesehatan,” paparnya lebih lanjut.

Saat ini, kesadaran masyarakat dalam berkendara masih kurang, dari data yang ada kecelakaan lalu lintas selain disebabkan minuman keras juga kurang terampilnya masyarakat dalam mengendarai kendaraan dan kurang patuh pada aturan dengan menggunakan pelindung diri helm.

“Kami mempunyai Sub Direktorat Kamsel (keamanan keselamatan ketertiban lalulintas) yang tujuannya untuk mencegah terjadinya kecelakaan, dengan melakukan pendidikan masyarakat ke pelosok masyarakat sesuai dengan data kecelakaan yang banyak,” ujarnya.

Hal itu seperti di sekolah-sekolah dengan menghadirkan Polisi disekolah sebagai inspektur upacara untuk memberikan pemahaman kepada para peserta didik tentang keselamatan berlalu lintas di jalan.

“Kami ada program setiap tahun yaitu Polisi Cilik untuk membiasakan diri sejak usia dini agar terbiasa tertib berlalu lintas,” ungkapnya lebih lanjut.

Juga ada bhakti sosial kepada awak angkot dan ojek yang terdaftar terkena dampak covid 19, yakni mendapatkan bantuan dari Korlantas sebesar Rp 600.000 untuk membantu meringankan beban hidup saat ini, yang sudah berjalan tahap kedua, dan sekaligus memberikan wawasan ketertiban keselamatan berlalu lintas di jalan pada khususnya di Papua agar jumlah kecelakaan semakin berkurang.

“Mari kita wujudkan keamanan, keselamatan ketertiban lalu lintas, bersama sama antara aparat keamanan Polisi, TNI Masyarakat tertib di jalan agar menjadi aman selamat di jalan,” imbaunya.

Kabid Dokkes Polda Papua Kombes Pol. Drg. Agustinus Mulyono Hardi dalam kesempatannya mengatakan bahwa dalam peringatan hari Bhayangkara Bid Dokkes menyelenggarakan bakti sosial donor darah bagi anggota Polri untuk diberikan kepada saudara kita yang membutuhkan donor darah.

“Pada hari Rabu tanggal 24 Juni 2020 di PTC kami akan melaksanakan rapid tes, dalam pelaksanaan rapid tes masyarakat cukup memberikan KTP untuk di ambil datanya untuk di proses dan dilakukan rapid tes secara cepat dan hasilnya akan disampaikan melalui WA,” ungkapnya.

Pihaknya dibantu sebanyak 280 rapid test dari Dinas Kesehatan Provinsi.

Bagi Anggota Polri yang positif kami sudah melakukan upaya untuk memberikan vitamin dan di rawat di Rumah Sakit Bhayangkara.(redaksi reportase)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

22,041FansSuka
2,832PengikutMengikuti
17,900PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles