WAMENA, REPORTASEPAPUA.COM – Kepolisian Resort Jayawijaya Mengancam dan Memberikan Tenggat Waktu satu hari kepada 22 narapidana yang kabur dari Lapas Klas II B Wamena, Kabupten Jayawijaya yang melarikan diri, Selasa (22/1/2019) sekitar pukul 16.21 WIT kemarin.

Kapolres Jayawijaya, AKBP Tonny Ananda mengungkapkan seluruh anggotanya kini telah berada di lapangan untuk membantu Lapas dalam pencarian 22 narapidana yang berhasil melarikan diri sore kemarin.

“Pasca kabur kami berhasil menangkap 5 orang dan kini tersisa 22 orang. Sampai saat ini anggota kami masih terus melakukan pengejaran,” katanya, Rabu (23/1/2019) siang.

Ananda menegaskan, apabila dalam waktu 1 kali 24 jam narapidana yang kabur tak menyerahkan diri, maka pihaknya akan memberlakukan sistem tembak ditempat apabila berhasil menemukan mereka.

“Kalau 1 kali 24 jam mereka tidak menyerahkan diri. Maka saya akan perintahkan anggota yang menembak mereka. Tetapi kalau mereka mau menyerahkan diri baik-baik, tentu kita juga akan bersikap baik,” ungkap Ananda yang belum lebih 1 minggu menjabat Kapolres Jayawijaya itu.

Sebelumnya Ananda berhasil menangkap lima narapidana yang mencoba melarikan diri, antara lain Wekiron ditangkap dan dilumpuhkan dengan timah panas dibagian betis kanan, Yosafat W mendapat luka tembak dibagian betis kanan, kiri dan paha kiri, Anis Hesegem mendapat luka tembak di betis kiri.

“Sedangkan 2 orang narapidana lainnya yakni Lori dan Eliana Matuan. Kini mereka telah diserahkan ke Lapas. Untuk yang mendapat luka tembak masih menjalani perawatan medis,” ujarnya.

Ananda berpesan kepada pihak keluarga yang melihat para narapidana yang kabur, untuk meminta agar yang bersangkutan menyerahkan diri atau menghubungi aparat keamanan untuk menangkap mereka.

“Kami minta pihak keluarga juga bisa membantu kami untuk menangkap narapidana yang berhasil kabur dari Lapas Wamena,” ujarnya.

Berikut 22 nama narapidana yang berhasil kabur :

1. PATOR MEKLOK
2. HERI MARIAN
3. RUDY ITLAY
4. KINAS WENDA
5. PITER MURIB
6. HERMET ASSO
7. SADOK
8. ROBY ASSO
9. RUSTAM ODE BALA (ANCA )
10. BADAR
11. ABDULA
12. LEO MAGAYANG
13. NOVERIUS UROPNABIN
14. KALIUS K
15. ONDI SIBAK
16. DANI KKOGOYA
17. MIA ELOPERE
18. MARKUS ASSO
19. AREKI E
20. YUSTINUS JIGIBALOM
21. MENANG ELOPERE
22. MAZMUR HISAGE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here