Polisi Didesak Ungkap Sejumlah Kasus Penembakan di Papua

1
42
Anggota DPR Papua, Emus Gwijangge.(foto :tiara/reportase)

JAYAPURA, REPORTASEPAPUA.COM – Anggota Komisi I DPR Papua bidang Pemerintahan, Politik, Hukum dan HAM, Emus Gwijangge menilai pihak kepolisian lamban dalam mengungkap kasus penembakan di sejumlah daerah di Papua. Seperti kejadian di Ekspo, Deiyai dan Wamena.

Oleh karena itu, legislator Papua ini mendesak Polisi untuk segera mengungkap sejumlah kasus penembakan itu di Papua.

“Saya minta kepada Kapolda dan Pangdam segera ungkap. Harus terbuka dan transparan dalam mengungkap siapa pelakunya. Supaya secara proses hukum bisa dilaksanakan. Sebab saat ini banyak keluarga bertanya-tanya siapa penembaknya. Kalau aparat keamanan siapa oknum itu. Termasuk siapa yang bacok anggota TNI, itu mesti diungkap,” tegas Emus Gwijangge kepada Wartawan di ruang kerjanya, Kamis (17/1019).

Apalagi lanjut Emus, hingga kini belum ada keterbukaan kepada rakyat Papua, dan kepada pihak korban. Untuk itulah pihaknya meminta kasus ini harus terbuka dan terungkap agar keluarga korban bisa terima.

“Saya saran kepada Kapolda dan Pangdam. Silahkan melaksanakan perintah negara dalam penegakan hukum, tapi mesti mengedepankan kemanusiaan,” ujarnya.

Selain itu kata Emus Gwijangga, polisi juga mesti menggunakan pendekatan persuasif kepada masyarakat sekitar agar tidak terjadi gesekan dengan masyarakat.

Namun kata Emus, alangkah baiknya kalau misalnya melakukan penyisiran tidak ada kekerasan tapi dilaksanakan sesuai SOP.

“Tapi saya yakin Pangdam dan Polda bisa karena keduanya adalah anak asli Papua sehingga tahu psikologi masyarakat Papua,” pungkasnya. (TIARA)

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here