Polisi Sambangi Kampung Beri Pemahaman Hukum dan Kamtibmas

Jayapura, reportasepapua.com – Upaya Kepolisian Resort Mappi dalam memberikan materi tentang keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) dilakukan dengan kegiatan Bhayangkara sambang yang dikemas dalam silaturahmi Kamtibmas.

Kepala Satuan Pembinaan Masyarakat (Binmas), AKP Handriakso, menyebut kegiatan silaturahmi Kamtibmas digelar di sejumlah Kampung di wilayah hukum Polres Mappi untuk menjaring informasi terkait kamtibmas. Kegiatan ini gencar dilakukan oleh Polres Mappi guna mensosialisasikan tentang Kamtibmas.

Brigpol Victor Mendila Bhabinkamtibmas Kampung memberikan imbauan menjaga kamtibmas di Kampung Agham, Distrik Nambay Mappi. Menurut Brigpol Viktor, Kegiatan silaturahmi Kamtibmas ini merupakan upaya mendekatkan kepolisian dengan masyarakat.

Terutama di wilayah perkampungan yang jauh dari kantor polisi, sehingga menjadi sarana mendengar beragam persoalan yang dihadapi masyarakat dalam bidang Kamtibmas.

Brigpol Victor menyebutkan, dengan adanya silaturahmi kamtibmas, sekaligus memberikan penekanan kepada masyarakat untuk melaporkan kepada Polri dalam hal ini polsek terdekat terhadap informasi sekecil apa pun berkaitan dengan Kamtibmas.

“Peran serta masyarakat diperlukan untuk memantau orang tak dikenal yang mencurigakan dan menyebarkan paham anti Pancasila, perjudian, pencurian dengan kekerasan serta potensi gangguan Kamtibmas dan kriminalitas lainnya,” sebut Brigpol Victor.

Lebih lanjut, Brigpol Victor menyampaikan perlunya menekankan pada pengaktifan pos keamanan lingkungan (poskampling) yang di pelopori oleh Linmas bersama masyarakat melalui ronda rutin setiap malam. Tujuan meminimalisir kegiatan kriminalitas yang terjadi. Pengaktifan kembali Poskamling diakuinya sekaligus menjadi perpanjangan tangan polisi dalam menjaga ketertiban dan keamanan masyarakat.

“Kami selalu tekankan, agar masyarakat bisa menjadi polisi bagi dirinya sendiri atau peran sebagai polisi masyarakat dalam menjaga keamanan di kampung, sekaligus berkoordinasi dengan kepolisian,” tegas Brigpol Victor Bhabinkamtibmas Kampung Agham.(riy)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

22,041FansSuka
2,827PengikutMengikuti
17,900PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles