Polres Mappi Gelar Operasi Bina Kusuma Berantas Kejahatan Jalanan

0
124
Polres Mappi Guna menciptakan situasi yang aman sekaligus pemberantasan kejahatan jalanan, Polres Mappi Polda Papua terhitung mulai tanggal 10 Oktober hingga 25 Oktober 2018 menggelar Operasi Kepolisian dengan sandi Operasi Bina Kusuma Matoa 2018. sabtu(13/10/2018). (foto : irwan/reportasepapua.com)

Mappi, Reportasepapua.com – Polres Mappi Guna menciptakan situasi yang aman sekaligus pemberantasan kejahatan jalanan, Polres Mappi Polda Papua terhitung mulai tanggal 10 Oktober hingga 25 Oktober 2018 menggelar Operasi Kepolisian dengan sandi Operasi Bina Kusuma Matoa 2018.

Dalam operasi kepolisian yang digelar selama lima belas hari tersebut, Polres Mappi menargetkan tercapainya situasi yang aman dan bebas dari kejahatan jalanan maupun tindakan premanisme atau dengan target multi sasaran.

Kapolres Mappi AKBP I Gusti Agung Dhana Aryawan,S.I.K.M.I.K mengungkapkan, sasaran operasi ini adalah segala aktivitas kejahatan jalanan dan premanisme.

“Termasuk di dalamnya pemalakan, penjambretan, pencurian dengan kekerasan, dan tindakan lain yang bertentangan dengan undang-undang. Tujuan utamanya adalah memastikan situasi Kab.Mappi agar tetap aman dan damai jelang Pileg serta Pilpres 2019,” ungkap Kapolres.

Pelaksanaan operasi Kepolisian ini sendiri diawali dengan kegiatan Latihan Pra Operasi yang digelar di Mapolres Mappi,dengan tujuan Latihan Pra Operasi ini adalah untuk menyamakan persepsi petugas yang melaksanakan kegiatan di lapangan agar tidak terjadi hal-hal yang kontra produktif di tengah masyarakat. Sifat operasi ini adalah terbuka dengan mengedepankan fungsi pembinaan dan penyuluhan namun dengan tetap melakukan penegakan hukum yang tegas dan terukur.

Operasi Bina Kusuma Matoa 2018 dalam rangka menekan terjadinya gangguan Kamtibmas khususnya Premanisme, kenakalan remaja, penyalahgunaan Narkoba, KDRT, perkelahian antar kelompok masyarakat, pencegahan penyakit masyarakat, kekerasan terhadap perempuan dan anak, serta gangguan Kamtibmas Lainnya.

Guna mengecek kesiapan dan persiapan operasi, Polres Mappi menggelar Apel Bersama yang dipimpin oleh Kapolres dan dihadiri oleh seluruh personel yang terlibat,

Dalam arahan Kapolres AKBP Agung mengingatkan agar semua personel yang terlibat benar-benar melaksanakan tugas dan tanggungjawab sesuai Tupoksi masing-masing Satgas,harus ada pembeda antara kegiatan rutin dan operasi. ‪Oleh karena itu, saat ini adalah pencegahan yang paling utama, manfaatkan operasi ini sebaik mungkin, karena ini adalah momen yang paling baik untuk mengedukasi masyarakat dalam menciptakan stabilitas keamanan.(irwan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here