JAYAPURA, REPORTASEPAPUA.COM – Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto – Sandiaga Uno hanya mendapat 3 suara di Kabupaten Yalimo, Papua, sementara sisanya diperoleh pasangan Joko Widodo – Ma’rif Amin Dalam Rekapitulasi yang dilaksanakan di Jayapura.

“Pasangan Jokowi-Amin mendapat 89.435 suara dan Prabowo-Sandiaga 3 suara,” ucap Ketua KPUD Yalimo, Yehemia Waliangge saat membacakan hasil rekapitulasi suara Pilpres di Yalimo, di Grand Abe Hotel di Jayapura, Selasa (7/05/2019).

Di Kabupaten Yalimo pencoblosan menggunakan sistem nasional, namun berdasarkan data yang disampaikan KPUD setempat, tingkat partisipasi pemilihnya mencapai 100 persen.

Bahkan Yehemia menyebut tidak ada surat suara yang dikembalikan pemilih karena rusak atau salah coblos.

Menanggapi hasil tersebut, Saksi Pasangan Capres dan Cawapres 01 mengingatkan KPUD Yalimo untuk bisa mempertanggung jawabkan data-data tersebut.

“Di Yalimo itu ada DPC Gerindra, jadi ini pasti sampai Mahkamah Konstitusi. Saya harap KPUD Yalimo bisa mempertanggungjawabkan hal ini,” tutur Toto Daryoto, Saksi Pasangan Capres dan Cawapres 01.

Hingga kini rekapitulasi suara Pemilu dari Kabupaten Yalimo di Rapat Pleno tingkat Provinsi Papua masih berlangsung pada tahapan DPR RI.

Namun prosesnya mendapat banyak intrupsi dari saksi Parpol sehingga KPU Papua menskorsing rapat untuk memberi waktu kepada KPUD Yalimo menyiapkan dokumen DB1. ( redaksi )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here