SENTANI, Reportasepapua.com – Yonas Ayakeding (63) ditemukan membusuk di rumahnya yang beralamat di Kampung Sabron Yaru, Distrik Sentani Barat, Kabupaten Jayapura, Sabtu (03/08) sore.

Kapolres Jayapura, AKBP. Victor Dean Mackbon melalui Kapolsesk Sentani Barat, AKP Harianja saat dikonfirmasi wartawan menjelaskan, penemuan jenazah pria paruh baya yang telah membusuk ini pertama kali diketahui oleh Elias Ayakeding (54), warga sekitar yang mencium bau tak sedap dari dalam rumah Yonas.

“Kemudian saksi langsung memberikan informasi kepada anggota kami. Setelah mendapatkan informasi itu, saya dan anggota langsung turun ke lokasi untuk menindaklanjuti laporan tersebut” jelas Kapolsek, Minggu (04/08).

Sesampainya di lokasi, Kapolsek dan anggota juga mencium bau tak sedap serta meilhat lalat hijau yang berterbangan di sekitar rumah korban yang dalam keadaan terkunci.

“Selanjutnya kami langsung melakukan upaya membongkar jendela kaca loper untuk melihat situasi di dalam rumah korban dan setelah dilakukan pengecekan diketahui bahwa ada sesosok jenazah yang diduga korban Yonas Ayakeding (63)” ujar Kapolsek Sentani Barat.

Lanjutnya, setelah mengetahui bahwa yang dilihat sesosok jenazah pihaknya langsung berkoordinasi dengan tim Inavis Polres Jayapura, sehingga Tim gabungan inavis, Opnal Reskrim dan Intel Polres Jayapura tiba di TKP dan langsung memasang garis polisi dan langsung melakukan pemeriksaan situasi di dalam rumah dan jenazah.

Setelah dilakukan pemeriksaan kemudian tim memasukannya ke dalam kantong jenazah untuk dievakuasi ke rumah sakit Bhayangkara guna dilakukan pemeriksaan dan pembersihan terhadap jenazah.

“Dari hasil pemeriksaan awal diketahui bahwa korban meninggal di dalam kamar depan, kondisi rumah korban dalam keadaan terkunci dan tidak ada tanda – tanda adanya pengrusakan pintu atau jendela rumah, kunci rumah juga ditemukan di dalam, ditemukan juga sisa minuman saguer didalam ember diruang tamu, korban ditemukan dalam kondisi tidak menggunakan baju hanya menggunakan celana pendek dengan posisi korban tertelungkup, tidak ada tanda-tanda kekerasan terhadap jenazah” tandasnya.

Berdasarkan keterangan saksi, diperkirakan korban sudah meninggal 4 hari lalu karena kondisi jenazah korban sudah benggkak, bau dan di kerumuni oleh belatung. “Siang tadi korban sudah dimakamkan di tempat pemakaman Kampung Sabron Yaru, Distrik Sentani Barat, Kabupaten Jayapura. (yurie)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here