Program Electronik Traffic Law Enforcement (ETLE) Tingkatkan PAD

Manokwari, Reportasepapua.Com- Direktorat Lalu Lintas Polda Papua Barat melakukan Sosialisasi tentang rencana pembangunan program Etle. Selain itu, pembentuka Samsat Drive Tru dan sosialisasi kepada instansi tentang rencana pencanganan zona integritas WBK dan WBBM pada satker Ditlantas Polda Papua Barat, Kamis (4/3/2021).

Kapolda Papua Barat, Irjen Pol Tornagogo Sihombing melalui Dirlantas Kombes Pol Rydian Kokrosono menjelaskan, Publik dalam bentuk inovasi layanan khusus pada masa pandemi adalah sebuah keharusan yang wajib di laksanakan pada semua layanan masyarakat.

Menurutnya,Inovasi layanan di kepolisian masuk dalam program kerja 100 hari Kapolri Transformasi menuju Polri yang presisi dimana inovasi layanan yang di utamakan adalah inovasi berbasis digital elektronik.

Dengan berbagai upaya meminimalisir pertemuan antara petugas dan masyarakat secara langsung. Salah satu inovasi yang saat ini sedang di bangun oleh PoldaPapua Barat dan telah mendapat restu secara langsung oleh Gubernur Papua Barat.

Program Electronik Traffic Law Enforcement (ETLE) Program ini mengusung penegakkan hukum pelanggaran lalu lintas berbasis elektronik dengan memanfaatkan kamera bertekhnologi ANPR, yang mampu membaca berbagai macam pelanggaran termasuk kewajiban pembayaran pajakkendaraan bermotor.

“Sehingga diharapkan melalui program ini dapat meningkatkan PAD Prov Papua Barat dari sektor pembayaran pajak kendaraan bermotor,”ungkapnya.

Untuk menuju rencana pembangunan program ini tentu seluruh instansi terkait baik Bapenda, Jasa Raharja, PT Pos serta Bank Papua di harapkan mampu mensuport pelaksanaan di maksud sehingga apa yang direncanakan.

“Terutama launching yang akan dilaksanakan pada bulan april terlaksana saat launching akan disaksikan secara langsung oleh Presiden secara virtual,”ucapnya.

Selain inovasi diatas kami juga berharap agar di kantor Samsat dalam waktu dekat terbentuk layanan samsat drive tru sehingga secara bertahap dapat mengurangi kerumunan pada loket antrian samsat konvensional serta dapat memangkas waktu layanan kepada masyarakat.

Sekretaris Bapenda Sri Suryanti prisipnya apa yang telah dicanangkan oleh Direktorat Lalu Lintas adalah sebuah program inovasi layanan yang sangat baik sehingga akan kami dukung dalam hal pelaksanaannya.

“Kami berharap agar pelaksanaan dari berbagai inovasi yang telah di rencanakan agar dapat segera terealisasik. Terkait pembentukan samsat drive tru kami akan menyediakan hardware maupun software yang dibutuhkan,”kata dia.

Ditambahkan, Kepala Perwakilan Jasa Raharja Nifar Siahaan Jasa Raharja akan mendukung seluruh program Ditlantas Polda Papua barat Inovasi layanan yang dilaksanakan tentu akan memberikan peningkatan pendapatan asli daerah.

“Tidak hanya itu peningkatan setoran Iuaran Wajib dana kecelakaan yang nantinya akan digunakan kembalai bagi masyarakat,”tandasnya. (Dhy

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

21,718FansSuka
2,738PengikutMengikuti
17,500PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles