Puron Okiman Wenda, KKB yang Memiliki Senjata Terkuat

0
509

JAYAPURA, Reportasepapua.com – Dari sekian Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) yang ada di Papua, KKB pimpinan Puron Okiman Wenda diklaim yang memiliki persenjataan yang paling kuat.

Hal ini diungkapkan oleh Kapolda Papua, Irjen Pol. Drs. Martuani Sormin, M.Si dalam acara Refleksi Akhir Tahun Kapolda Papua yang dilaksanakan di Aula Rastra Samara, Jumat (28/12/2018).

Untuk diketahui, KKB pimpinan Puron Okiman Wenda sendiri bermakas di Distrik Balingga, Kabupaten Lanny Jaya.

“Saya sudah masuk ke Balingga dan itu adalah pertama kalinya ada Polisi yang masuk ke Balingga. Saya bisa buktikan kalau kelompok ini memiliki persenjataan yang paling kuat karena Body Armor saya rusak berat ditembaki pakai Arsenal (SAGL) dan (M134) Minigun” ungkap Sormin.

Meski Body Armor mengalami rusak berat anggotanya masih bisa selamat dari serangan yang dilakukan oleh kelompok tersebut, belum lama ini.

Kapolda Papua juga menglaim bahwa pihaknya juga sudah mengantongi identitas dari seluruh anggota KKB yang ada di Papua.

Pengejaran terhadap KKB ini terbilang lama lantaran medannya sangat sulit, selain itu tempat kelompok bersenjata ini bersembunyi rata-rata diatas 10000 feed dimana oksigen di daerah tersebut sangat tipis.

“Paru-paru kami orang Indonesia barat ini di desain tankinya 3.5 liter sedangkan saudara-saudara kita yang ada di Indonesia Timur ini tanki paru-paru 5 Liter. Jadi saya pastikan dia lebih kuat. Jadi kalau anggota mereka kuat berlari, anggota saya jalan kaki saja sudah tidak kuat” ujarnya.

“Selain itu, yang hambatan, jangankan untuk mengejar datang saja katanya kami membuat masyarakat mengungsi. Kendala kami bukan hanya KKB tetapi juga elit-elit yang ada di Kota Jayapura yang tidak jelas berpihak sama siapa” tegas Sormin.

“Tapi kami pastikan dengan statemenya kita bisa tahu dia di pihak siapa  teman, musuh atau kawan. Pengejaran-pengejaran ini memang gampang diucapkan namun sulit dilaksanakan” tandas Kapolda Papua. (yurie)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here