JAYAPURA,REPORTASEPAPUA.COM – Bupati Puncak Jaya siap membantu program Gubernur Papua untuk merelokasi warga kabupaten jayapura yang terkena banjir bandang ke daerah pegunungan.

“Terkait dengan adanya relokasi warga ke jalan trans Papua, menurut Bupati Puncak Jaya Yuni Wonda, menyetujui keputusan gubernur karena gubernur merupakan pengambil kebijakan dalam pemerintahan provinsi Papua,” jelasnya saat ditemui di Jayapura, Kamis 21 Maret 2019.

“Ide ini dari gubernur, jadi kami siap saja, jika berkaitan dengan masyarakat kita siap dan mekanismenya seperti apa itu tergantung dari gubernur,” tuturnya.

Pihaknya juga siap mensosialisasikan kepada masyarakat terkait relokasi ini,agar masyarakat bisa lebih mengerti dan memahami maksud dan tujuan dari relokasi ini.

Sebelumnnya Gubernur Papua, Lukas Enembe mengatakan warga yang tinggal di sekitaran kawasan Cyloop akan direlokdasi ke wilayah jalan trans Jayapura-Wamena.

Disana pemerintah akan mendirikan fasilitas pelayanan publik bagi warga yang direlokasikan, seperti sekolah, rumah sakit, perumahan akan tetapi untuk lokasi pastinya ia belum menentukan

“Rencana ini sudah disampaikan ke Presiden dan direspon positif oleh beliau. Karena bencana seperti ini sudah terjadi berulang kali dalam kurun waktu tertentu, maka warga mau tidak mau harus direlokasi,” ungkapnya.(berti)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here