JAYAWIJAYA, Reportasepapua.com – Setelah Tiga 3 Bulan Ditutup, akhirnya bandara Wamena Resmi Dibuka, namun pada Hari pertama pembukaan Bandara Wamena Belum ada pesawat komersil yang masuk mengangkut penumpang dari Jayapura Ke Wamena, baik itu Trigana Air Service dengan Pesawat ATR 72 Seri 500 yang disiapkan maupun Wings Air.

Perwakilan Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Kelas I Wamena Ferdinand Halattu mengakui jika sesuai dengan pertemuan Asosiasi Bupati se Pegunungan Tengah Papua jika mulai saat ini membuka bandara Wamena untuk penerbangan Komersial, saat Ini UPBU telah mempersiapkan diri secara baik yang sesuai dengan Protokol Covid-19.

“Bagi penumpang yang ingin bepergian dari Wamena ke Jayapura atau Jayapura wamena itu harus berdasarkan Protokol Covid-19, yang pertama pemeriksaan dokumen ijin perjalanan dari tim gugus tugas jayawijaya, setiap penumpang yang keluar masuk dilengkapi dengan dokumen bebas covid dengan bukti hasil rapid,”ungkapnya.

Untuk pesawat saat ini, Kata Ferdinand Halattu, trigana dan wings belum ada kegiatan penerbangan, dimana untuk penerbangan Wings Air belum ada kepastian sedangkan untuk Trigana senin ini baru melakukan pertemuan internal mereka, dalam pembukaan bandara ini tetap dilakukan pemeriksaan penumpang yang datang dengan pesawat carteran maupun penumpang yang menggunakan penerbangan TNI AU dalam Hal Ini pesawat Hercules.

“kita laksanakan pemeriksaan satu pintu dimana semua harus melalui ruang kedatangan, namun untuk hari ini bisa dipastikan belum ada penerbangan komersil yang terbang ke Jayawijaya maupun dari Jayawijaya ke Jayapura,” Tambahnya,

Sementara itu Manager Trigana Air Service Wamena Michael Biduri mengakui jika memang untuk saat ini belum ada agenda untuk terbang, artinya sebelum terbang Trigana harus mencari kepastian mengenai surat keputusan bersama yang dikeluarkan Provinsi Papua tentang penumpang yang dari Jakarta masuk ke Papua diatur dalam ketentuan surat edaran Gubernur.

“Yang ingin kita tahu ini tentang penerbangan lokal di Papua seperti Wamena sentani apakah itu diatur ketentuan dari Provinsi atau cukup dari Pemda Jayawijaya, kita belum ada gambarannya, kalau ada gambaran dari Provinsi untuk penerbangan Wamena Jayapura tak perlu surat dari Gubernur dan hanya surat dari Pemda Jayawijaya saya rasa kita sudah bisa terbang,”jelas Michael. (Yanti)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here