JAYAPURA, Reportasepapua.com – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Jayapura, Sabtu (18/1) mengadakan kegiatan Family Gathering yang diikuti seluruh karyawannya di Pantai Hamadi, Distrik Jayapura Selatan, Kota Jayapura.

Selain sebagai ajang silaturrahmi antar karyawan dan karyawati, dalam kegiatan tersebut juga dihadiri Dewan Pengawas PDAM yang juga Wakil Walikota Jayapura Ir. h. Rustan Saru, M.M.

Wakil Walikota Jayapura, Rustan Saru menyampaikan, kegiatan family gathering ini diadakan dalam rangka meningkatkan kebersamaan dan persaudaraan antar keluarga besar PDAM Jayapura.

“Saya pikir ini adalah langkah yang baik yang dilakukan oleh Direktur PDAM Jayapura, dalam rangka mengakhiri tahun 2019 menuju tahun 2020 ini dengan mengadakan suatu acara family gathering dan mengundang seluruh komponen terkait. Baik itu direksi, para manajer, staf ahli, para tukang ledeng, termasuk pegawai dan juga beberapa lintas sektoral ikut diundang dalam kegiatan family gathering tersebut,” ujar Rustan Saru yang juga Dewan Pengawas PDAM Jayapura.

“Nah, kegiatan (family gathering) ini dalam rangka meningkatkan rasa kebersamaan dan juga rasa persaudaraan lintas anggota maupun keluarga besar PDAM Jayapura. Supaya bisa saling kenal, atau saling mengenal satu sama lainnya guna saling memberikan motivasi kepada suami atau istri yang bekerja disini agar mereka bisa paham atau tahu apa itu PDAM Jayapura,” sambung Rustan Saru.

Lanjutnya, dengan diselenggarakannya family gathering ini menunjukkan bahwa PDAM ini mempunyai komitmen yang baik dan juga memiliki komitmen yang betul, untuk memberikan kontribusi positif dalam rangka menunjang pembangunan di Kota Jayapura dalam hal penyediaan air minum.

“Kita harap dengan adanya PDAM di kota ini bisa memberikan pelayanan yang optimal, sehingga semua kebutuhan air di seluruh wilayah kota Jayapura mulai dari Jayapura Utara, Jayapura Selatan, Abepura dan Heram itu bisa dipenuhi. Maka kami dalam hal ini pemerintah maupun selaku dewan pengawas juga mendorong agar PDAM Jayapura yang sesuai visi misinya yaitu prima, mandiri dan sehat ini harus dipenuhi,” paparnya.

Dalam memberikan pelayanan optimal, Wakil Walikota ini meminta kepada seluruh pegawai PDAM Jayapura untuk memberikan pelayanan optimal dengan mengoptimalkan segala potensi yang ada.

“Kita minta kepada PDAM untuk mengurangi terjadinya kebocoran air bersih di kota ini, karena sampai hari ini masih ada 40 persen air yang hilang. Nah, hal ini yang kita dari pemerintah minta kepada PDAM agar bisa mengoptimalkan atau bisa memutus rantai ini. Supaya yang bocor itu bisa dikurangi setiap tahun dan kedepannya kita harap di tahun akan datang itu paling tidak tinggal 2 persen yang hilang,” pintanya.

“Selain itu, kita minta PDAM mengoptimalkan pelanggan di Kota Jayapura, karena sampai saat ini air yang ada di kota ini belum maksimal 24 jam mengalir. Yakni, ada yang satu minggu sekali, ada yang memang satu minggu dua atau tiga kali mengalir, bahkan ada juga yang tidak mengalir,” sambungnya.

Selain itu, Rustan Saru menegaskan, bahwa PDAM Jayapura harus terus meningkatkan kualitas produk dan kualitas pelayanan kepada seluruh masyarakat Kota Jayapura. Untuk itu, PDAM dituntut harus memberikan pelayanan yang maksimal dan tidak sekedar menerima informasi saja bila ada gangguan.

“Kita minta PDAM tingkatkan kualitas produk dan pelayanannya. Apalagi masih banyak warga kita yang belum terjangkau air, maka itu kita minta kepada PDAM untuk segera diberikan distribusi pipa. Supaya mereka bisa tersambung airnya dan juga bisa dilayani. Serta betul-betul sesuai dengan visi misi PDAM Jayapura yang prima dan terlayani itu bisa terpenuhi di kota ini,” pintanya.

Wakil Walikota juga meminta kepada seluruh pegawai PDAM untuk memberikan pelayanan dengan ikhlas dan penuh senyum.

“Kita minta PDAM agar bisa meningkatkan kinerjanya, kepada para pegawai agar juga bisa optimal. Bagaimana mau prima, kalau tenaga sendiri tidak diberikan satuu motivasi atau pendidikan dan pelatihan yang betul untuk bisa meningkatkan kinerjanya,” tegasnya.

“Juga kepada KUPP yang ada disetiap distrik bisa memberikan pelayanan terbaik kepada warga kita. Berikan mereka kepuasan dan layani dengan optimal, serta mereka tidak boleh dipersulit dan kalau bisa dibantu dengan ikhlas. Biar semua pelanggan kita bisa dengan mudah untuk membayar dalam rangka mengurangi tunggakan yang masih ada Rp 30 miliar yang belum tertagih. Kita minta PDAM setiap tahun bisa mengoptimalkan tagihan yang ada ini agar yang menunggak itu bisa diselesaikan,” tukas Rustan Saru.

Sementara itu, Dirrektur Utama PDAM Jayapura, Entis Sutisna mengungkapkan, khusus untuk perayaan HUT Kota Jayapura tahun 2020 ini, guna mempercepat proses penambahan sambungan rumah.

“Kami akan melakukan program sambungan baru secara gratis, khusus untuk 500 sambungan rumah di wilayah Kota Jayapura. Dimana, ini program memiliki prasyarat utamanya bagi penerima daripada 500 sambungan rumah gratis ini adalah sudah adanya pipa distribusi utama dan jaraknya tidak lebih dari 12 meter,” jelasnya.

Pihaknya juga akan mendata di masing-masing unit pelayanan. Sehingga sebelum tanggal 7 Maret atau pelaksanaan HUT Kota Jayapura untuk kuota 500 sambungan rumah itu bisa terpenuhi.

“Ini program kami dalam rangka HUT Kota Jayapura tahun 2020. Program ini mempunyai prasyarat dan program ini sebelum dilaksanakan akan kami data di masing-masing unit pelayanan. Sehingga sebelum tanggal 7 nanti itu kota 500 sambungan rumah itu bisa dipenuhi,” tukasnya. (yurie)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here