JAYAPURA, REPORTASEPAPUA.COM – PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Jayapura dalam rangka menyambut natal dan tahun baru 2020 melaksanakan Gerebek Penyulang di sistem kelistrikan Jayapura yakni wilayah Jayapura, Abepura dan Sentani.
Gerebek penyulang dilakukan selama dua hari (28-29 November 2019) dengan menurunkan 232 personil terdiri dari petugas PLN 50 personil dari Kantor Unit Induk Wilayah, UP3 Jayapura, Unit Layanan Pelanggan (ULP) Jayapura Kota, ULP Abepura dan ULP Sentani.

“182 personil dari mitra kerja atau vendor terdiri dari 13 perusahaan yaitu Haleyora Powerindo, Bubun Busu, Kabantaras, Purnama Son Group, Laudaling, Multazam, Harapan Papua Sejahtera, Yadija, Pardame, Iriana, Centro Mario Punala dan Jeril,” jelas Salmon Kareth, Manager PT PLN UP3 Jayapura.

Salmon mengatakan, mengingat cuaca ekstrim saat hujan yang disertai angin kencang menjadi tantangan tersendiri bagi PLN dalam menjaga keandalan jaringan dan aliran listrik ke pelanggan.

“Oleh karena itu sebagai langkah preventif, maka dilakukan pengawasan serta survey langsung kondisi jaringan, sebagaimana dilaksanakan PLN berkolaborasi dengan pemerintah Kota Jayapura dan Provinsi Papua,” jelas Salmon setelah apel gelar pasukan Gerebek Penyulang, di halaman kantor PLN UP3 Jayapura, Kamis (28/11/2019).

Salmon melanjutkan, Gerebek Penyulang dilakukan di 50 feeder (pengumpan) sepanjang 593,42 Kilometer sirkuit (Kms) di 13 penyulang interkoneksi dan 37 penyulang berbeban.
“Jaringan listrik kita banyak melewati hutan–hutan dan pohon yang berpotensi menjadi penyebab listrik padam. Kami harapkan kegiatan ini bisa menurunkan tingkat pemadaman dan gangguan yang dirasakan pelanggan PLN,” ucapnya.

Senior Manager Niaga dan Pelayanan Pelanggan PLN Unit Induk Wilayah Papua dan Papua Barat, Widodo mengungkapkan, kegiatan tersebut dilakukan 4 kali dalam setahun.
Pihaknya pun akan melakukan evaluasi setelah kegiatan tersebut selesai, untuk mengetahui kegiatan mana saja yang belum selesai dikerjakan.

“Tahun depan setelah kita evaluasi, kita lakukan tindakan–tindakan yang belum dipenuhi oleh kita,” kata Widodo.

“Ini kita monitor terus teman–teman seluruh daerah seperti Jayapura dan Merauke kita monitor tindak lanjut dari hasil survei pelanggan kemarin sampai dimana, kita pantau terus,” lanjutnya. (Ananda)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here