JAYAPURA, REPORTASEPAPUA.COM- Korem 172/PWY menyelenggarakan lomba menyanyi dalam memeriahkan perayaan Natal serta memperingati hari Juang TNI-AD tahun 2019 yang dipusatkan di Taman Imbi, Kota Jayapura, Sabtu (21/12) malam.

Panglima Kodam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Herman Asaribab mengatakan, kegiatan ini perlu terus digalakkan, bukan hanya TNI tetapi seluruh stakeholder yang ada di Papua untuk bersama-sama meningkatkan kebersamaan dan silaturahmi.

“Dengan kegiatan ini kita bisa melihat bagaimana seluruh komponen masyarakat tanpa melihat dari strata, adat dan budaya tetapi semua bisa bersinergi untuk melaksanakan kegiatan bersama-sama,” kata Pangdam.

Dia menambahkan, Kodam XVII/Cenderawasih hanya sebagai motivator dalam kegiatan ini, sementara sebagai pelaksana adalah Korem 172/PWY. 

Senada juga disampaikan Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw yang memandang perlunya dikembangkan bersama-sama antara masyarakat, Pemerintah, TNI-Polri. Sehingga pandangan masyarakat luar tentang Papua tidak negatif.

“Kita memang harus menunjukan ini ke luar sana untuk orang-orang yang selalu memandang Tanah Papua dengan konteks yang negatif, bahwa sesungguhnya Papua itu selalu damai dengan keberagaman yang luar biasa,” tuturnya.

Dia berharap situasi saat ini tidak boleh dikalahkan dengan informasi-informasi hoaks untuk meruntuhkan persatuan di Papua.

Sementara itu, Komandan Korem 172/PWY, Kolonel Inf J. Binsar Parluhutan Sianipar menerangkan, kegiatan ini telah berlangsung sejak 18 Desember lalu. Untuk tahap audisi digelar selama dua hari, sedangkan tahapan final baru diselenggarakan di Taman Imbi, Kota Jayapura.

“Semua ini dalam rangka hari juang Angkatan Darat dan juga dalam menyambut perayaan natal tahun ini. Kami ingin mengkolaborasikan dua peringatan ini dalam satu kegiatan,” tuturnya.

Kegiatan ini, kata Danrem merupakan yang pertama kalinya diselenggarakan oleh Korem 172/PWY. “Selama ini kita melaksanakan banyak event kegiatan teritorial. Nah, kami melihat dan mencari peluang, apa sih peluang potensi masyarakat di Papua ini yang perlu kita gali dan kita angkat,” ujarnya.

Selain lomba menyanyi, Danrem memaparkan, beberapa bulan yang juga dilaksanakan lomba tari Yospan, serta lomba menulis. “Nah sekarang masyarakat di Papua ini memiliki potensi yang bagus adalah menyanyi, itulah yang kami angkat, karena sekarang eventnya Natal, maka kami buatlah dengan mengikutsertakan geraja-gereja di wilayah Kabupaten dan Kota Jayapura,  bahkan ada peserta yang dari Kabupaten Keerom,” terangnya.

Dia meyakini gereja-gereja di Papua memiliki penyanyi-penyanyi yang luar biasa. Untuk itu, informasi disebarkan kepada gereja-gereja diseluruh Jayapura dan sekitarnya. 

“Kegiatan ini akan kami selenggarakan setiap tahun, dari kegiatan awal ini kita bisa mengevaluasi untuk kegiatan selanjutnya. Tetapi saya fikir ini sudah bagus untuk kegiatan awal dan nanti akan kita kembangkan terus sehingga dapat menjadi event tahunan.  Kita berharap Pemda juga dapat mengangkat ini,” harapnya.

Sekadar diketahui, kegiatan itu dihadiri Staf Ahli bidang OMSP Pangdam XVII/Cenderawasih Kolonel Kav. Edward Sitorus, Asops Kasdam XVII Cenderawasih Kolonel Inf. Jarot Suprihanto, Dandim 1701/Jayapura Kolonel Inf. Jerry Harapan Tua Simatupang, Kapolres Jayapura Kota AKBP Gustav Urbinas, SH, S.IK, M.Pd.

Kapolres Kabupaten Jayapura AKBP Vickor Dean Mackbon, S.IK, SH, Msi., Kapolres Kabupaten Kerom AKBP Bahtiar Joko Mujiono, Aslog Danlantamal X Letkol laut (T) Fajar Sukmana, Ketua klasis GKI Port Numbay Pdt. Hein Carlos Mano, S.Th., Kepala Bidang Pemberantasan Korupsi Laskar Merah Putih  D. Tarigan, S.H., Ibu Wali Kota Jayapura Ny. Cristina Luluporo serta masyarakat Jayapura dan sekitarnya. (Redaksi.adv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here